Wali Kota Suryatati A Manan Ajak Berpegang pada Alquran

TEPI LAUT- Ribuan warga Tanjungpinang berbondong-bondong menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI tingkat Kota Tanjungpinang, Senin (26/3) malam lalu, di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang. MTQ tingkat Kota Tanjungpinang akan berlangsung hingga Jumat (30/3).
Perhelatan akbar pembukaan MTQ VI Tingkat Kota Tanjungpinang dilakukan langsung Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan di
dampingi Wakil Wali Kota Edward Mushalli, Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Husnizar Hood serta segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Tanjungpinang. Pembukaan MTQ sendiri ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wali Kota Tanjungpinang, Suryatati A Manan.
Acara diawali dengan defile para khafilah yang dibuka oleh penampilan marching band asuhan Pemerintah Kota Tanjungpinang serta diikuti iringan para khafilah utusan dari empat kecamatan.  Jumlah peserta MTQ kali ini adalah 150 orang di mana 40 orang merupakan khafilah utusan dari Kecamatan Tanjungpinang Barat, 35 orang khafilah utusan dari Kecamatan Tanjungpinang Kota, 39 orang khafilah utusan dari Kecamatan Bukit Bestari, serta 36 orang khafilah utusan dari Kecamatan Tanjungpinang Timur.
Ada enam cabang yang diperlombakan pada MTQ kali ini, yaitu cabang Tilawah Al Quran, Hifzil Quran, Tafsir Al Quran, Syahril Al Quran, Fahmil Al Quran, Tartil Al Quran, serta MTQ cabang M2IQ.
Wakil Ketua II Panitia MTQ, Adnan, menyebutkan, tujuan diselenggarakannya MTQ ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca, menghafal dan memahami Al Quran, menghayati dan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari, serta mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Lalu, Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang, Edward Mushalli, mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ ini sekaligus untuk memotivasi dan membekali diri dalam kehidupan sehari-hari sebagai benteng menghadapi era globalisasi serta mampu menciptakan nuansa kehidupan yang Islami sesuai dengan tema MTQ kali ini. “Melalui MTQ kita tingkatkan gemar membaca Al Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi insan yang berakhlak Qurani,” tegasnya.
Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tanjungpinang, Suryatati mengingatkan untuk menjadikan MTQ ini sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar Islam yang sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Al Quran di tengah derasnya arus globalisasi.
“InsyaAllah kita akan tetap meraih puncak kejayaan dan kemajuan dalam berbagai bidang jika tetap berpegang teguh kepada Al Quran dan Sunnah,’’ tutupnya.
Dalam acara pembukaan itu, Ustad Eka Mulyana Aljawi, yang akrab disapa Ustad Mulyana dari Bandung, memberikan ceramah pada hadirin. Ustad mengatakan kalau pemuda dan orang Islam di Tanjungpinang harus bersatu. Masyarakat Kota Tanjungpinang perlu memperluas ilmu pengetahuan umumnya, misalnya, melanjutkan studinya hingga ke jenjang S3. Tapi, jangan sampai hanya mengejar S3 tapi tidak mau mengejar membaca Al Quran. “Alangkah indahnya hidup ini kalau ilmu umum kita dapat dan ilmu Al Quran kita jalankan,” tegasnya.
Ia juga menambahkan, Islam tidak pernah mengajarkan saat di zaman otonomi daerah ini, seorang pemimpin harus merupakan putra daerah, yang menjadi pemimpin adalah orang-orang yang bisa memberikan contoh yang baik. Jangan menjadi pemimpin kalau tidak bisa memberikan contoh yang baik ke masyarakat. Begitu juga pemimpin, kalau dikritik warganya, harus diterima dan dijalankan, kalau kritikan untuk kepentingan masyarakat. “Pemerintah juga kalau dikritik harus diterima jangan sampai kritikan masyarakat tidak didengar oleh pemimpinya,” paparnya.
Wali Kota Tanjungpinang juga sekaligus melantik 42 Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2012. Adapun Dewan Hakim MTQ yang baru dilantik, Drs.H Mustafa sebagai ketua, Fatkhul Muin sebagai Sekretaris, H Sutan Muhammad Isa sebagai Ketua Cabang Tilawah, H. Mansyur, SQ sebagai ketua cabang Hifzil, Drs. H Manan AR sebagai ketua cabang Syarhil, H Imam Subekti, S.Ag, M.Pdi sebagai ketua cabang Fahmil, H Mustafa Jamaludin sebagai ketua cabang Khattil, H Ami Kamaludin, Lc, MA sebagai ketua cabang Musabaqah Makalah Ilmiyah AlQuran (M2IQ) dan Sunarjo, S.Ag, M.HI sebagai ketua cabang Tafsir.(ass)

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *