Dinas KP2KE Tegur A Hui

Kasus Dugaan Aksi Tambang Ilegal

TANJUNGPINANG - Dinas Kelautan Perikanan Pertanian Kehutanan dan Energi (KP2KE) Tanjungpinang mengeluarkan surat teguran kepada pengusaha tambang bauksit A Hui. Surat teguran tersebut ditandatangani Kepala KP2KE, Irianto. A Hui dinyatakan telah melakukan penambangan ilegal di lahan seluas 6.749 meter persegi di Sei Carang, Kampung Bugis. Penambangan liar itu dilakukan di lahan milik pegawai dan pensiunan pegawai Imigrasi Tanjungpinang, Edi Nasrun, Sumardi, Suwarman, dan Kusnadi.
A Hui sebelumnya telah dilaporkan Kusnadi Cs ke Polres Tanjungpinang. Sementara itu, pihak Dinas KP2KE Kota Tanjungpinang telah menerbitkan surat nomor nomor 545/240/KPPKE. Dalam surat tersebut dinyatakan, A Hui telah melakukan aktivitas tambang di luar lokasi wilayah Izin Usaha Pertambangan. Perbuatan A Hui tersebut telah melanggar Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara Pasal 158.
Hendie Devitra selaku kuasa hukum Kusnadi CS, 8 Mei lalu mengatakan, A Hui telah di laporkan ke Polres Tanjungpinang sejak April lalu. Namun, kegiatan pertambangan tetap dilakukan di lahan tersebut. Akibat perbuatan A Hui itu, Kusnadi Cs mengalami kerugian sebesar Rp3 miliar. Di Kepolisian, sejumlah saksi telah diperiksa.
Sementara itu, surat Dinas KP2KE yang menyatakan A Hui melakukan penambangan ilegall menjadi dasar bagi penyidik untuk melakukan penyelidikan. A Hui saat dikonfirmasi mengatakan, pekerjaannya hanya sebatas penyedia lahan. Lahan itu disewanya dari dari seorang warga, Raja Umar. Dalam hal penambangan, ia bekerjasama dengan PT Duta Buana Resort. Penggalian dilakukan seluas 2.000 meter persegi. Disebutkan juga, penambangan di lahan tersebut juga dilakukan oleh PT Alam Indah Purnama Panjang.
“Saya siap bertanggungjawab atas penambangan di lahan tersebut. Pasalnya, saya merasa tak melakukan penyerobotan lahan karena telah melakukan ganti rugi lahan kepada masyarakat,” ujarnya. (sur)

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *