Masjid Tembeling Miliki 26 Kubah

f-yusfreysendi
MEGAH: Masjid Raya Teluk Bintan di Tembeling akan berdiri megah ke depan. Tampak, Bupati Bintan, Ansar Ahmad menunjuk menara masjid yang belum siap dikerjakan, Minggu (12/8) lalu.

TELUKBINTAN - Masjid Raya Teluk Bintan di Tembeling Tanjung akan menjadi kebanggaan warga sekitar. Ke depan, masjid ini akan menunjukkan bangunan megah, dengan 26 kubah di atas bangunan masjid.

Hingga kini, pengerjaan masjid belum selesai. Bahkan, tahun ini Pemkab Bintan menganggarkan lagi dana untuk masjid itu senilai Rp1 Miliar.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad meminta agar pihak kontraktor dan konsultan untuk menggesa penyelesaian pembangunan masjid besar Teluk Bintan di Tembeling Tanjung. Soalnya, tahun ini pembangunan masjid tersebut kembali mendapat kucuran dana dari APBD senilai Rp1 miliar.

Menurut Ansar, pengawasan terhadap pembangunan masjid di Tembeling Tanjung itu perlu dilakukan guna mempercepat penyelesaiannya. Pembangunan masjid besar Kecamatan Teluk Bintan itu dimulai sejak tahun 2009 lalu. Bantuan hibah untuk pembangunan masjid tersebut hingga tahun 2011, menghabiskan anggaran Rp2 miliar. Namun dalam pelaksanaan tahun berjalan, pembangunan mendapat santunan dari pihak swasta mencapai Rp600 juta.

Dari dana yang sudah direalisasikan, pembangunan masjid di atas areal sekitar 2 hektar itu sudah menyelesaikan fisik, sumur air bersih, tempat berwudhu dan toilet. Bentuk masjid besar Teluk Bintan cukup megah dengan tersedia 24 kubah kecil dan 1 kubah utama dalam ukuran besar. Selain itu, satu kubah akan dibangun di atas menara yang saat ini belum rampung.

“Ada beberapa bagian yang harus diubah untuk di bagian dalam masjid. Kita minta pengerjaan masjid besar ini tidak lalai,” tegas Ansar di sela-sela meninjau pembangunan masjid besar Teluk Bintan, Sabtu kemarin.
Ansar mengungkapkan, bantuan hibah Rp1 miliar dari APBD 2012 sudah direalisasikan. Saat ini total anggaran pembangunan masjid menelan sekitar Rp3,6 miliar. Dari jumlah itu belum ada laporan pembangunan masjid mendapat dukungan dana dari swadaya masyarakat seperti yang dilaksanakan pembangunan Masjid Quba di Desa Dendun Kecamatan Mantang.

“Saya berharap agar masyarakat saling mendukung untuk membangun dan memakmurkan rumah Allah SWT. Apalagi pada saat peresmian masjid Quba beberapa pekan lalu, pengurus masjid se-Teluk Bintan kita bawa ke Desa Dendun,” demikian Ansar.

Camat Teluk Bintan, Eki Supriati Ningsih, menyebutkan, anggaran Rp1 miliar bantuan hibah APBD 2012 akan dialokasikan untuk penyelesaian pembangunan menara utama. Selain itu, saat ini di bagian dalam masjid sedang proses pemasangan keramik lantai. Dalam waktu dekat akan dilakukan penataan taman masjid (landscape) serta penataan hiasan dinding masji.

“Kita berupaya agar pembangunan masjid besar Kecamatan Teluk Bintan cepat selesainya,” ujar Eki yang turut mendampingi bupati.

Peninjauan pembangunan masjid besar Kecamatan Teluk Bintan turut dihadiri Anggota Komisi II bidang pembangunan DPRD Bintan, Yurioskandar dan anggota Komisi I, Fiven Sumanti. (fre)

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *