Bisnis Kerang Lokan Laris Manis Satu Hari Terjual 200 Kilogram

TANJUNGPINANG - Bisnis penjualan kerang lokan di Tanjungpinang cukup menjanjikan. Bahkan, pedagang bisa menjualnya hingga ratusan Kilogram (Kg) per hari. Seperti halnya Saiful, pebisnis kerang lokan di Jalan DI Panjaitan Batu 9 Tanjungpinang.

Awalnya, Saiful mengaku tidak ada terpikirkan olehnya untuk menjual kerang lokan hingga laris seperti saat ini. ”Pertama saya tidak ada berpikiran untuk menjual kerang lokan ini.
Mula saya menjual kerang lokan ini, saya melihat kawan saya menjual kerang di tepi jalan seperti saya ini. Dari situlah saya langsung ada terpikir untuk menjual kerang lokan ini,” ujar Saiful yang dijumpai Tanjungpinang Pos di tempatnya berjualan.

Saiful mulai berjualan kerang lokan ini pada 5 hari bulan puasa lalu. Pertama Saiful sebelum berjualan kerang lokan ini, Saiful berjualan air kelapa di waktu bulan puasa yang sudah lewat ini. ”Saya pertama jual air kelapa, sekali saya jual air kelapa tidak laku, saya langsung berjualan kerang lokan. Ya, Alhamdullillah saya jual kerang lokan ini mendapatkan hasil, walaupun sedikit untungnya, yang penting saya ada semangat untuk berjualan,” ujarnya.

Saiful menambahkan, semenjak jualan kerang lokan, dia bisa menjualnya hingga 200 Kg per harinya. Berbicara tentang harga kerang lokan ini, lelaki berbadan besar ini memberikan harga Rp25.000 per kantongnya dan berat dalam satu kantong sekitar 3 Kg.

Lantas apa manfaat kerang ini? Kandungan yang terdapat di dalam kerang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan biota laut lainnya, kerang merupakan salah satu sumber mineral yang di butuhkan oleh tubuh, seperti besi (Fe), fosfor (P) , Flour (F), iodium (I), kalsium (Ca), Kalium (K), seng (Zn), selenium (Se) dan lain – lain. Kandungan mineral tersebut lebih mudah diserap tubuh di bandingakan dengan mineral yang berasal dari kacang – kacangan ataupun serelia. Dengan mengkonsumsi kerang secara teratur maka secara otomatis kita mendapat asupan kalsium yang memadai, sehingga kita dapat terhidar dari penyakit Osteoporosis (tulang keropos).

Meskipun kerang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, namun kadar lemak total maupun lemak jenuhnya rendah. Bahkan Kerang memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda (Omega 3) yang tinggi, dan seperti yang telah kita ketahui Omega 3 dengan karakteristiknya yang unik mampu mencegah dan mengurangi penumpukan kolesterol dan melekatnya bintik- bintik darah pada dinding pembuluh darah yang merupakan sebab utama serangan jantung dan Stroke yang mematikan.

Selain itu kerang juga merupakan sumber Vitamin larut lemak seperti Vitamin A, D, E dan K dan juga Vitamin larut air seperti B-1, B-2, B-6 (piridoxin), B-12 dan Niasin. Sekitar 300 gr kerang ternyata sudah mencukupi kebutuhan harian B-12 tubuh, dan mengkonsumsi Vitamin B-12 secara teratur ternyata mampu melindungi kolon dari resiko kanker. (cr8)

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *