Bus Sekolah Terbalik, Satu Meninggal

Sebuah bus angkutan anak sekolah Nopol BP 7047 BU Kabupaten Bintan terbalik di jalan tembus dari Lintas Barat Ceruk Ijuk menuju Cikolek Toapaya, Selasa siang (23/10). Akibatnya, satu orang pelajar meninggal dunia dan belasan orang mendapat perawatan intensif di RSUP KM 8 Tanjung dan Puskesmas Toapaya.

Kecelakaan terjadi ketika bus sekolah tersebut mengalami kerusakan porseneling (los) pada saat berada di atas tanjakan. Karena porseneling tidak berfungsi, bus sekolah akhirnya mundur ke arah turunan jalan yang curam. Supir bus sekolah Rais (27) berusaha menggunakan rem bus untuk memberhentikan bus yang sedang mundur tersebut. Tapi upaya tidak berhasil. Sebelum mencapai jembatan pada tanjakan menuju Cikolek, bus mengaran ke samping kiri jalan. Naas, roda bus masuk ke dalam parit drainase jalan raya. Akhirnya, bus terbalik.

Puluhan pelajar SLMA dan SMP Tembeling yang berada di dalam bus tersebut menjerit dan lepas kendali setelah bus terbalik ke arah kiri. Beberapa orang pelajar terjepit dan mengalami luka akibat pecahan kaca. Bahkan satu orang pelajar kelas VIII SMP negeri 6 Tembeling Teluk Bintan asal Kampung Bukit Batu, Junaidi Sapril (14) meninggal dunia. Anak dari Kaur Desa Bintan Buyu, Edi tersebut dibawa ke RSUP Tanjungpinang bersama 12 orang pelajar lainnya. Sedangkan 6 orang pelajar lainnya dirawat di Puskesmas Toapaya.

Seorang pelajar yang selamat dari kecelakaan bus sekolah itu, Yasmawati kelas I SMP Negeri 6 Tembeling Teluk Bintan, menerangkan, seperti hari biasanya, sekitar pukul 13.30 wib, pelajar yang berasal dari Cikolek, Bukit Batu, Bintan Buyu dan Kampung Gisi naik bus sekolah tersebut. Karena jumlah banyak, pelajar ada yang berdiri sambil bergantung pada tali karena kursi sudah terisi semuanya.

Dari Tembeling, bus sekolah mengantar pelajar pulang tersebut menggunakan jalan ke arah pesantren Madani Ceruk Ijuk. Selama perjalanan itu, tidak ada masalah. Bahkan kondisi bus tidak berubah setelah meninggalkan perempatan jalan Lintas Barat, bundaran Ceruk Ijuk menuju Cikolek. Saat tiba di jembatan, bus menanjak bukit yang cukup panjang.

Ketika ingin mencapai puncak bukit, supir mengganti porseneling (gigi) untuk menambah tenaga. Tapi pada saat gigi mesin lepas, tiba-tiba los. Sampai bus berhenti, gigi mesin tetap tidak berada pada posisi yang sebenarnya. Akibatnya, bus sekolah mundur lagi. Hampir 200 meter bus sekolah dalam kondisi mundur.

”Saya pada saat itu duduk di kursi. Teman-teman yang lain ada yang berdiri. Kami takut dan menjerit pada saat bus mundur itu. Bus langsung terbalik setelah satu rodanya masuk parit,” ujar Yasma yang mengaku berasal dari Kampung Gisi Teluk Bintan kepada Tanjungpinang Pos di lokasi kejadian.

Pada saat bus terbalik, pelajar SMA maupun SMP yang berada di dalam bus bingung mau keluar. Karena, pintu bus di sebelah kiri tertutup dan berada di bagian bawah. Akhirnya, pelajar dan supir keluar melalui kaca utama bagian depan bus setelah dipecahkan. Masyarakat yang mengetahui kejadian itu langsung memberikan pertolongan dan mengevakuasi pelajar yang mengalami luka. Bahkan beberapa orang pelajar yang luka parah dilarikan ke RSUP. Sedangkan yang mengalami luka ringan dirawat di Puskesmas Toapaya.

”Sampai saat ini kami hanya menerima laporan satu orang yang meninggal. Sedangkan 12 orang sudah dilarikan ke RSUP dan 6 orang di Puskesmas Toapaya,” ujar Makhfur Zurachman, Kadisdikpora Bintan saat mendampingi Wakil Bupati Bintan, Khazalik meninjau lokasi kecelakaan dan RSUP KM 8 Tanjungpinang.

Kapolpos Lantas Gesek, Bripka Jhonson Minpin membenarkan kejadian kecelakaan bus sekolah tersebut. Usai menerima informasi, tim Lantas langsung menuju lokasi dan mengevakuasi belasan orang pelajar yang mengalami luka parah. Termasuk pelajar SMP asal Bukit Batu yang meninggal, Junaidi. Sedangkan supir bus, Rais (27) sudah diamankan di Polsek Gunung Kijang.

”Kami masih mendata korban dulu. Setelah pendataan selesai, baru kami minta keterangan dari pihak Supir. Apa penyebab dari kecelakaan tersebut,” sebut Jhonson di sela-sela melakukan pendataan korban di RSUP KM 8 Tanjungpinang. (fre)

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *