Pekan Ini, Insentif PTK dan Tunjangan Sertifikasi Dicairkan

PENDIDIKAN: Gubernur Kepri M Sani dan Bupati Lingga H Daria berfoto bersama dengan siswa SDN 022 Desa Pekajang, Kecamatan Lingga saat berkunjung ke daerah tersebut beberapa waktu lalu. Tahun 2013 ini Pendidik dan Tenaga Kependidikan dijadwalkan akan menerima insentif.

PENDIDIKAN: Gubernur Kepri M Sani dan Bupati Lingga H Daria berfoto bersama dengan siswa SDN 022 Desa Pekajang, Kecamatan Lingga saat berkunjung ke daerah tersebut beberapa waktu lalu. Tahun 2013 ini Pendidik dan Tenaga Kependidikan dijadwalkan akan menerima insentif.

DINAS Pendidikan (Disdik) Kepri memastikan, bahwa pada pekan ini insentif Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), atau yang lebih dikenal dengan istilah insentif BSM akan dicairkan pemerintah, melalui Bank Syariah Mandiri (BSM). Demikian ditegaskan Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (PSDMP), Muhammad Yunus.

“Termasuk juga pencairan untuk tunjangan profesi triwulan III bagi guru yang telah sertifikasi,” katanya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (27/12) kemarin.

Yunus menjelaskan, Disdik Kepri mencairkan dana tersebut ke BSM pada Kamis kemarin. Dan direncanakan payroll baru akan dilakukan oleh BSM pada Jumat (28/12). Artinya, para guru ataupun PTK bisa langsung mengecek ke rekeningnya masing-masing Jumat besok (hari ini, red).

“Yang jelas minggu ini harus dicairkan semuanya, karena pekan depan sudah libur dan masuk tahun 2013,” terangnya.

Untuk jumlah PTK penerima insentif ini berjumlah 39.810 orang. Baik itu guru negeri dan swasta, kepala sekolah, penjaga sekolah, pengawas, guru-guru PAUD dan pengajar di sekolah mingguan. Untuk besaran insentif yang dicairkan setiap semester ini terbagi atas dua kategori. Kategori pertama guru perkotaan dimana besaran insentifnya Rp150 ribu per bulan. Sedangkan yang hinterland, Rp250 ribu sebulan.

“Kalau ditotal satu semester, maka setiap guru perkotaan akan menerima Rp900 ribu dan hinterland RP1,5 juta, belum dipotong pajak,” jelasnya.

Yunus juga memastikan bahwa, program insentif PTK ini masih akan berlanjut di tahun 2013 mendatang, dengan jumlah dan nominal yang sama di tahun sebelumnya.

Kenapa program ini dilanjutkan, karena program ini oleh Gubernur Kepri, HM Sani merupakan program untuk men sejahterkan para guru dan TPK.

“Tidak perlu khawatir, tahun depan masih berlanjut,” sebutnya.
Selain insentif PTK, Yunus juga menegaskan bahwa, tunjangan profesi guru yang telah sertifikasi untuk triwulan terakhir di 2012, akan dicairkan dipekan ini juga. Saat ini proses pencairan ini tengah dilakukan. Baik itu Disdik Kepri dan dinas pendidikan kabupaten kota.

“Tunjangan profesi ini ada dua kategori juga. Ada yang untuk PNS dan swasta. Untuk PNS dicairkan melalui kabupaten kota dengan nama dana transfer, sedangkan yang guru swasta pencairannya di kami. Meskipun di provinsi dana dekonsentrasi dan di kabupaten kota dana transfer, tetap semuanya berasal dari APBN,” paparnya.

Lebih jauh Yunus mengungkapkan, bahwa guru penerima tunjangan adalah guru yang sudah sertifikasi di tahun sebelumnya. Sebagai contoh, jika guru lulus sertifikasi 2012, maka ia berhak menerima baru bisa di tahun 2013.

“Dan perlu diketahui juga, kalau sudah sertifikasi tapi jam mengajar tidak sampai 24 jam dalam seminggu, maka dana tunjangan tidak akan dibayarkan,” tukasnya.(TAUFIK A HABU)

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *