8 Perusahaan Lagi Akan Mem-PHK Karyawan

Jamin Hidajat

Jamin Hidajat

Delapan perusahaan lagi di Kabupaten Bintan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Dari delapan itu, tiga perusahaan berada di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam.
Hal itu disampaikan Ketua Apindo Bintan, Jamin Hidajat saat ditemui di Lobam, Sabtu (29/12) lalu.

Kata Jamin, sebenarnya pengusaha tidak mau melakukan phk, namun kalau tidak dilakukan akan berimbas pada tutupnya perusahaan. Saat itu, Jamin mencontohkan PT Sanden. Sanden sudah lama menyampaikan rencana tutup, namun bisa ditunda setelah pihak pengelola kawasan tak berhenti melakukan pendekatan.

Nah, di sinilah, menurut Jamin, pemerintah harus mengambil peran. Peran itu, bisa saja, dengan menghapus beberapa poin pajak atau setidaknya menunda pajaknya. Kalau tidak, dikhawatirkan akan banyak perusahaan tutup.

Kemudian masalah birokrasi. Jamin mengatakan, dengan pemangkasan atau efisiensi birokrasi, biaya produksi perusahaan akan terpangkas.
Jamin juga mengatakan, banyak perusahaan yang tidak mampu membayar upah baru sesuai UMK Bintan 2013, yakni Rp1,9 juta.

Dalam kesempatan bersamaan, Kadisnaker Bintan Hasfarizal Handra mengatakan, saat ini baru lima perusahaan sudah melaporkan pemutusan hubungan kerja.

Kelima perusahaan itu, yakni tiga perusahaan sudah melakukan PHK, PT Pulau Bintan Djaya, PT Sanden dan PT Esco. Bahkan, Nirwana Garden juga sudah menyampaikan laporan akan mem-PHK.

‘’Esco sudah berlangsung dari kemarin, sedangkan Nirwana hanya 3 orang saja,” ucapnya.

Hasfarizal hanya mengharapkan, PHK dengan alasan efisiensi tidak melanggar undang-undang yang sudah ditetapkan. (noc)

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *