Syahbandar: Cuaca Lagi Buruk

Tak Aman, Pihak Kapal Diingatkan Tunda Pelayaran

Ombak tinggi dan angin kencang melanda perairan Bintan, khususnya Tanjunguban, beberapa hari terakhir ini. Bahkan, untuk menghindari kejadian tak diinginkan, Syahbandar sudah mengingatkan operator kapal untuk berhati-hati dan bila perlu menunda keberangkatan.

Kepala UPP Syahbandar Tanjunguban, Agus Sularto kemarin mengatakan, untuk mengantisipasi cuaca buruk, pihaknya meminta pengusaha jasa transportasi menggunakan jalur aman, meski lebih jauh. Perairan aman itu, yakni perairan dalam Pulau Ngenang. Bila cuaca kembali normal, baru dipersilakan melewati jalur biasa.

‘’Larangan tidak ada, tapi ketika cuaca tidak aman, maka kita menunda keberangkatan. Kalau aman kita bolehkan,” kata Agus Sularto.

Agus mencontohkan, cuaca tak bersahabat seperti terlihat Kamis (17/1) pagi, terpaksa beberapa pelayanan ditunda. Seperti terlihat, langit mendung dan angin kencang serta ombak tinggi.

Melihat cuaca seperti itu, pihaknya langsung mengintruksikan untuk menunda keberangkatan. Kepada pengusaha jasa transpotrtasi laut,dihimbau agar tidak memaksakan diri dan mengi kuti arahan petugas untuk keselamatan bersama.

‘’Kalau alat keselamatan seperti biasa sudah kita periksa dan siap di dalam kapal, kapasitas penumpangnya juga harus sudah aman,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Bintan AKBP Octo Bdhi melalui Kasatpolair Polres Bintan AKP Zulkifli di tempat terpisah mengatakan pihaknya juga meminta pengguna jasa maritim atau laut untuk meningkatkan kewaspadaan. Kondisi alam dan cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah harus diperhatikan.

Pengusaha jasa trasportasi laut, katanya, agar tidak memaksakan berlayar apabila cuaca tidak memungkinkan. Namun bila tetap memaksanakan untuk berlayar, hendaknya melengkapi dan mengecek alat keselamatan (life jacket) penumpang.

‘’Alat keselamatan harus sesuai dengan kapasitas penumpang,” sarannya.

Terakhir, pengusaha diminta melakukan koordinasi dengan instansi yang berwenang demi menjaga keselamatan bersama.(SLAMET NS)

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *