Jembatan Gugus Akan Dipercantik Lagi

TAMAN KOTA: Jembatan Gugus akan dijadikan objek wisata. Bahkan, di bagian bawah jembatan akan dibangun taman.

TAMAN KOTA: Jembatan Gugus akan dijadikan objek wisata. Bahkan, di bagian bawah jembatan akan dibangun taman.

Jembatan Gugus atau Jembatan Tengku Puan Hamidah akan terus dibenahi hingga menjadi satu objek wisata dan ikon Tanjungpinang ke depan. Bahkan, beberapa perencanaan sudah dibuat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tanjungpinang untuk memperindah jembatan itu.

Kadis PU Kota Tanjungpinang saat turun ke lokasi kemarin mengatakan, sambil membenahi jembatan, bangunan rumah yang ada di dekat jembatan pun dihentikan. Penghentian bangunan tersebut dilakukan sesuai dengan UU No.38 tahun 2004 tentang Jalan.

Dalam UU tersebut diatur bangunan tidak bisa didirikan pada jarak 100 meter dari hilir maupun hulu sisi jembatan. Sebab, jembatan merupakan bagian dari jalan.

Robet menambahkan, jembatan di sisi bawah dan samping kiri-kanan ujung, akan dijadikan taman kota. Jadi perlu pembenahan lagi untuk menjadikan taman kota.

Karena itu, perlu perluasan pembebasan lahan. Sehingga lokasinya bisa menampung masyarakat banyak. Hal itu sekaligus agar masyarakat tidak parkir di atas jembatan. Sebab motor atau mobil yang parkir di atas jembatan menjadi beban mati buat jembatan itu sendiri.

“Kurang bagus untuk jembatan kalau banyak beban mati di atasnya. Kalau melebihi beban mati akan mempercepat usia jembatan. Di samping itu dari segi kenyamanan berlalu lintas tidak bagus. Bisa menimbulkan kecelakaan karena bahu jalan menyempit,” ujarnya saat meninjau lokasi taman kota di bawah jembatan itu, Selasa (30/4) kemarin.

Dijelaskannya lebih jauh, masih ada perencanaan lain untuk menjadikannya salah satu lokasi wisata. Yaitu terkait jembatan itu dengan membangun pylon di sisi jembatan. Pylon ini berupa menara kecil yang di dalamnya terdapat pos penjaga dan museum kecil.

“Seperti Bridge Sydney. Mereka membangun pylon di sana. Di dalam pylon ini ada museum. Jadi proses pembangunan jembatan dan gambar-gambarnya dipajang di sana. Siapa saja pekerja yang meninggal saat membangun dibuatkan patungnya. Itulah yang dilakukan di Sydney. Namun di Jembatan Gugus nanti tidak persis sama. Namun seperti itulah gambarannya,” jelasnya lagi.

Wajah jembatan tersebut akan berubah total nanti. Tepi laut di bawah jembatan akan dibangun tembok pengaman. Jika ada pemancing, bisa duduk di atas tembok tanpa harus turun ke laut. Di sekelilingnya dijadikan tempat bermain dan pedagang makanan serta minuman.

Robet mengimbau agar masyarakay Tanjungpinang sama-sama menjaga jembatan tersebut. Jangan seperti kejadian baru-baru ini, dimana besi pengaman jembatan dicuri.

Terlait pencurian itu, Robet mengatakan, Pemko Tanjungpinang mengalami kerugian sekitar Rp10 juta.

“Sudah kita kasih ke pihak ketiga untuk memasang besi pengamannya. Tapi kita minta dilas, agar tidak dicuri lagi,” tambahnya. (mas)

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *