Keuangan WTP, LPPD Bintan Tertinggi di Kepri

RAIH WTP: Ketua DPRD Bintan didampingi Bupati menerima hasil pemeriksaan keuangan APBD 2012 dari BPK Perwakilan Kepri, Selasa (28/5). Dari hasil audit BPK, laporan keuangan Bintan dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). F-ISTIMEWA

RAIH WTP: Ketua DPRD Bintan didampingi Bupati menerima hasil pemeriksaan keuangan APBD 2012 dari BPK Perwakilan Kepri, Selasa (28/5). Dari hasil audit BPK, laporan keuangan Bintan dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
F-ISTIMEWA

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap penyajian laporan keuangan tahun anggaran 2012 kepada Pemkab Bintan, Selasa (28/5). Penyerahan penghargaan WTP tersebut diterima Ketua DPRD Bintan H Lamen Sarihi dan Bupati Bintan H Ansar Ahmad di Batam.

Tahun 2012 lalu, Ansar Ahmad menerima anugerah penghargaan kualitas tertinggi dalam penyajian laporan keuangan tahun 2011 di Jakarta. Kala itu, anugerah untuk Pemkab Bintan dari Menteri Keuangan RI, Agus DW Martowardojo tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Boediono.

Prestasi penilaian Badan Pemeriksaan Keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP) kembali diterima Pemkab Bintan yang kedua kalinya. Selain Bupati dan Ketua DPRD Bintan, penyerahan WTP itu disaksikan oleh Sekda Bintan H Lamidi, Kepala DPPKD Bintan Yandrisyah dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Bintan.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad, menjelaskan, laporan keuangan dengan WTP tersebut merupakan keseluruhan laporan keuangan yang meliputi realisasi APBD, laporan arus kas, neraca/kekayaan dan catatan laporan keuangan.

Opini WTP pada laporan keuangan terdapat beberapa catatan BPK yang menjadi bahan perbaikan untuk ke arah lebih baik. Baik mengenai sistem keuangan, informasi keuangan daerah maupun pengendalian di internal pemerintahan.

“Saya ingatkan lagi agar seluruh SKPD di Bintan harus memperhatikan aspek akuntansi dan tertib administrasi keuangan dalam mengelola keuangan daerah. Baik dalam belanja aparatur maupun pembangunan daerah,” ujar Ansar usai menerima hasil pemeriksaan BPK dengan opini WTP, Selasa (28/5).

Untuk tertib administrasi keuangan sesuai dengan akuntansi dan kaedah hukum, Ansar kembali mengingatkan, Pemkab Bintan akan meningkatkan kualitas aparatur pemerintahan.

Terutama fungsi bendahara dan pimpinan SKPD. Sehingga pelaksanaan anggaran pada masa mendatang benar-benar sesuai dengan ketentuan dan perundangan-undangan yang berlaku.

“Kita berharap agar WTP dan anugerah penghargaan kualitas tertinggi dalam penyajian laporan keuangan 2012 itu bisa dipertahankan untuk realiasi APBD 2013 ini,” demikian ditegaskan Ansar.

Selain mendapatkan opini WTP dari hasil pemeriksaan BPK, Pemkab Bintan juga mendapat prestasi dalam penyajian laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) tahun 2011 yang dinilai oleh tim Mendagri pada tahun 2012 lalu.

Dari hasil penilaian pemerintah pusat, LPPD Kabupaten Bintan berstatus Tinggi. Khusus di Provinsi Kepri, LPPD Pemkab Bintan berada pada posisi teratas dibandingkan pemerintah kabupaten lainnya.

“Tahun lalu, LPPD Bintan berada di peringkat 200-an dari 365 kabupaten se-Indonesia. Tahun ini, LPPD Bintan sudah berada di posisi 47 dari 365 kabupaten se-Indonesia,” sebut Khazalik, Wakil Bupati Bintan di Kantor Bintan Buyu.

Dari hasil SK Mendari, LPP Bintan mendapat skor 2,8179 dengan peringkat 47. Sedangkan LPP Kabupaten Karimun peringkat 133, Kabupaten Natuna peringkat 197 dan LPPD Kabupaten Lingga peringkat 232 dari 365 kabupaten se-Indonesia.

Sedangkan untuk LPPD Pemprov Kepri berada di peringkat 8 dari 33 provinsi se-Indonesia dengan skor 2,5164. Sementara LPPD Kota Tanjungpinang berada di peringkat 44 dari 90 kota se-Indonesia dengan skor 2,6553. Sedangkan LPPD Kota Batam berada di peringkat 60 dengan skor 2,5253.

“Kalau dilihat dari skor dan peringkat dengan perbandingan 365 kabupaten se-Indonesia, indikator kinerja kunci (IKK) dan narasi Pemkab Bintan menunjukan angka tertinggi di wilayah Provinsi Kepri,” demikian ditambahkan Khazalik. (fre)

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *