Bandar Narkoba Disergap di Pelabuhan

SIMULASI: Adegan penangkapan seorang kurir narkoba di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura, Rabu (26/6) sore ini, menjadi tontontan warga.  Simulasi ini rangkaian peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI). F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

SIMULASI: Adegan penangkapan seorang kurir narkoba di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura, Rabu (26/6) sore ini, menjadi tontontan warga. Simulasi ini rangkaian peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI).
F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

Simulasi Hari Anti Narkoba Internasional

Drama penangkapan dua tersangka bandar narkoba, terjadi di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Rabu (26/6) sore. Penyergapan ini menarik perhatian warga yang melintas. Namun, sebagian malah tersenyum, karena penangkapan ini hanya bagian dari rangkaian simulasi kegiatan Exercise International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) yang digelar Pelindo, Tanjungpinang.

Dalam simulasi digambarkan, penangkapan ini berawal dari kecurigaan pegawai Imigrasi Tanjungpinang yang bertugas untuk memeriksa paspor penumpang, dengan gerak gerik seorang pemuda bertopi merah yang menggunakan kapal Cinta Indomas dari Malaysia. Pemuda tersebut tampak gelisah, sambil menelpon menggunakan handphone. Lalu saat dalam antriannya, pria ini selalu mundur ke belakang.

Kegelisahan tersebut diamati pagawai imigrasi dan langsung memanggil pemuda tersebut. Pemuda berkaca mata hitam ini, langsung dibawa ke salah satu ruangan untuk diperiksa paspornya. Lalu barang bawaan pemuda tersebut diperiksa melalui mesin x-tray dan dijaga ketat anggota polisi yang membawa anjing pelacak. Usai melewati mesin x-tray, barang bawaan pemuda tersebut langsung disambar anjing pelacak, yang diduga telah menemukan barang yang mencurigakan.

Pihak Bea dan Cukai (BC) langsung membawa pemuda dan barang bawaannya tersebut ke ruangan untuk melakukan pemeriksaan barang. Setelah pegawai BC menemukan barang yang mencurigakan terbungkus kain putih, langsung mengkoordinasi ke pihak Port Facility Security Officer (PFSO) Pelindo untuk bertanggung jawab atas keamanan di pelabuhan.

Selain itu, pihak PFSO langsung berkoordinasi dengan pihak Kantor Syahbandar Otortitas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang atas penemuan tersebut. PFSO juga memberitahukan ke pihak BNN Tanjungpinang untuk dapat memeriksa dan memastikan barang yang mencurikan tersebut.

PFSO mengkoordinasi kepada jajaran security pelabuhan untuk siaga level II, karena diduga akan ada yang menjemput pemuda yang telah tertangkap tangan membawa narkoba masuk ke Indonesia. Sekuriti pelabuhan juga telah dapat menangkap yang diduga sebagai kurir penjemput barang narkoba tersebut.

PFSO kembali berkoordinasi kepada Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang untuk dapat menindak lanjuti kasus tersebut. Rentetan ini merupakan simulasi penanggulangan antisipasi narkoba yang diadakan Pelindo Tanjungpinang yang bertepatan dengan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh pada Rabu (26/6) lalu.

“Kegiatan ini merupakan Exercise ISPS Code suatu sistem pengamanan yang diwajibkan tiap pelabuhan Internasional. Kegiatan ini juga dilakukan pada 18 bulan sekali dalam setahun,” kata Zul Hendri selaku Penanggungjawab dari Pelindo Tanjungpinang, Kamis (27/6).

Ditambahkannya, dasar kegiatan ini, Pelindo yang membawahi PFSO yakni petugas yang bertanggung jawab atas keamanan dan fasilitas pelabuhan serta bekerja sama dengan intansi terkait, yakni BNN Kota Tanjungpinang, Polres Tanjungpinang, KKP Tanjungpinang, KSOP, Bea Cukai dan Imigrasi.

“Kami libatkan intasi terkait, karena kita dalam hal pengamanan seperti ini perlu bekerja sama dan tidak bisa bekerja sendiri,” jelasnya kembali.

Tujuan kegiatan ini, agar dapat melatih tenaga peangamanan untuk meingkatkan potensi dan juga menguji coba prosedur yang telah ditetapkan dalam plan keamanan dan mewujudkan koordinasi keamanan bersama di lingkungan pelabuhan.

“Karena di pelabuhan ini banyak intansi kita tidak bisa bekerja sendiri, dalam kegiatan ini lah kita lakukan praktek koordinasi dalam keamanan bersama,” tutup Zul. (abh)

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *