Polisi Bubarkan Balap Liar

NGAKU MENONTON: Satu pemuda tampak berupaya meyakinkan kepolisian ia tidak ikut balap liar, Minggu (21/7) dini hari. Tapi, akhirnya ia dan temannya tetap dibawa ke kantor polisi. f-ASTU/tanjungpinang pos

NGAKU MENONTON: Satu pemuda tampak berupaya meyakinkan kepolisian ia tidak ikut balap liar, Minggu (21/7) dini hari. Tapi, akhirnya ia dan temannya tetap dibawa ke kantor polisi.
f-ASTU/tanjungpinang pos

27 Kendaraan Dibawa ke Polres Tanjungpinang

Tanjungpinang – Jajaran Polres Tanjungpinang secara serentak menggelar razia balap liar di Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Wiratno, Minggu (21/7) dini hari. Hasilnya, sebanyak 27 sepeda motor para pebalap liar berhasil diamankan.
Tentu saja, saat polisi datang, pelaku balap liar ini langsung bubar. Beberapa di antara mereka ada yang berhasil kabur dengan motornya. Bahkan, ada yang kabur lari ke komplek perumahan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Ajun Komisaris Polisi Dandung Putut Wibowo mengatakan, razia balap liar digelar karena adanya laporan masyarakat jika aksi jalanan ini sudah meresahkan. Bahkan, para pebalap liar ini tidak memperdulikan pengguna jalan lain.

Atas informasi tersebut, Sat Lantas berkoordinasi dengan Polsek Tanjungpinang Barat, Polsek Bukit Bestari, dan Satuan Reserse.

“Anggota yang terlibat razia merupakan anggota gabungan,” ujarnya.

Razia pertama dilakukan di sepanjang Jalan Basuki Rahmat sekitar pukul 01.00 hingga pukul 02.00. Razia ini untuk mengantisipasi aksi balap liar yang sering dilakukan di daerah ini.Razia kembali dilakukan sekitar pukul 05.00 di Jalan Wiratno (depan Mall Ramayana).

“Sebanyak dua puluh tujuh sepeda motor kami amankan,” ungkapnya.Razia ini digelar dengan harapan, warga Tanjungpinang merasa tenang dan nyaman berkendara di malam hari. Di samping itu, perjalanan pengguna jalan lain tidak lagi terganggu akibat aksi kebut-kebutan ala remaja-remaja yang masih usai sekolah ini.

“Yang kami lakukan ini merupakan syok terapi bagi para remaja ini. Kalau memang ingin menyalurkan bakat balapan, seharusnya tidak dilakukan di jalanan umum,” himbaunya.

Pantauan Tanjungpinang Pos, sejumlah anggota gabungan bersiaga di gerbang pintu masuk eks Kantor DPRD Bintan di Jalan Basuki Rahmat. Sejumlah remaja berhenti di depan ruko-ruko sekitar Jalan Basuki Rahmat. Kendati sempat khawatir, aksi balapan jalanan ini kembali digelar sekitar pukul 02.30.

Ngaku hanya Menonton
Dalam kesempatan berbeda, pebalap liar ini juga sempat kabur saat tim terpadu yang terdiri dari Satpol PP, POMAU, POMAL, POMAD dan petugas kepolisian melewati Jalan Basuki Rahmat usai melakukan razia ke wisma yang ada di Kota Tanjungpinang. Saat itu, sekitar pukul 01.01 dini hari, pebalap liar yang melihat tim ini datang, mereka langsung kabur. Hanya, ada dua orang yang tetap santai di tempat. Namun, ketika petugas mendekat, keduanya lari dan akhirnya tertangkap. Keduanya pun digiring ke kantor polisi. Keduanya, yakni inisial Dn dan Pi.

Saat mobil patroli melewati kawasan ini, kedua pemuda ini masih terlihat biasa. Tapi saat petugas turun dari mobil patroli, keduanya kabur. Satu kendaraan bernomor polisi BP 4081 TV jenis Mio dan satu lagi poswan berwarna orange.
Setelah tertangkap Dn mengaku hanya menonton, tidak ikut balapan. Ia pun mengaku memang motor poswannya itu sudah tidak lengkap suratnya, tapi ia tidak ikutan dalam balapan ini.

Saat Dn berbicara, tercium oleh petugas bau minuman beralkohol dari mulutnya. Saat ditanya, Dn tak mengakui kalau dirinya mabuk.

“Saya tidak mabuk pak, saya cuma menonton balapan aja. Itu pun diajak teman, saya baru kok di kota ini,” jelasnya.

Karena pemuda ini sedang mabuk, petugas pun tak mau mendengarkan perkataannya. Keduanya pun langsung dibawa ke kantor polisi oleh petugas kepolisian beserta dua motor yang dikendarai.(ASTU- SURYA)

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *