6 Daerah Penghasil Cengkeh Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Cengkeh Terbesar di Indonesia

Cengkeh merupakan salah satu hasil perkebunan yang banyak digunakan untuk menambah rasa masakan, menambahkan aroma, maupun untuk pengobatan. Indonesia memiliki jutaan hektar lahan untuk tumbuhan cengkeh yang tersebar di seluruh daerahnya. Berikut ini daerah penghasil cengkeh di Indonesia yang paling terkenal.

Daftar Daerah Penghasil Cengkeh Terbaik di Indonesia

1. Provinsi Sulawesi Tenggara

Luas lahan yang digunakan untuk mengembangkan cengkeh di Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu sekitar 34.000 hektar. Luasnya lahan menjadikan provinsi ini mampu menghasilkan cengkeh sebanyak 6.688 ton. Cengkeh ini telah terbukti memiliki kualitas terbaik dan dikirim hampir ke seluruh penjuru daerah di Indonesia.

Baca juga: Daerah Penghasil Emas

2. Provinsi Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu daerah penghasil cengkeh di Indonesia dengan kualitas terbaik. Daerah ini tepatnya merujuk pada Kabupaten Pacitan yang memiliki tanah subur dan cocok untuk tanaman cengkeh. Kebun cengkeh di kabupaten ini dikelola oleh masyarakat dimana luasan wilayahnya yaitu sebesar 7.789 hektar dan tersebar dan meluas sampai 12 kecamatan.

Cengkeh yang diproduksi oleh masyarakat pacitan ini menghasilkan omset yang sangat besar. Cengkeh yang berasal dari sini didistribusikan hampir ke seluruh daerah di Indonesia bahkan sampai diekspor ke manca negara. Harga untuk 1 kg cengkeh di Pacitan yaitu sebesar Rp 27.000.


3. Provinsi Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu wilayah penghasil cengkeh terbaik, hal ini terbukti dengan hasil kebunnya yang mencapai 7.861 ton per tahunnya. Cengkeh memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan dan dipatok dengan Rp. 90.000 per kilogramnya apabila Anda membeli langsung di Sulawesi Tengah. Salah satu kawasan di Sulawesi Tengah yang menyumbang banyak produksi cengkeh adalah Tolitoli.


4. Provinsi Maluku

Daerah penghasil cengkeh tertinggi di Indonesia adalah Provinsi Maluku. Dimana provinsi ini telah memproduksi cengkeh dengan jumlah yang sangat besar, yaitu sekitar 11.730 ton. Disini terdapat jenis cengkeh yang terkenal memiliki kualitas terbaik yang disebut dengan cengkeh tuni. Jenis cengkeh ini bahkan sampai diekspor ke luar negeri. Untuk 1 kilogram cengkeh tuni dibandrol dengan harga Rp 125.000. Tidak hanya diekspor keluar negeri, cengkeh dari hasil kebun maluku ini juga di jual di pasar lokal.


5. Provinsi Sulawesi Selatan

Cengkeh menjadi salah satu bidang sektor perkebunan yang dapat meningkatkan perekonomian di Provinsi Sulawesi Selatan. Oleh sebab itu, cengkeh memiliki peranan penting dan wajib untuk dilestarikan. Produksi cengkeh di provinsi ini terdapat pada kabupaten Wajo, Tator, Bulukumba, Bone, Luwu, Sinjai, dan juga Enrekang.

Cengkeh yang diproduksi oleh masyarakat disini telah menghasilkan kurang lebih 9.135 ton. Besarnya produksi cengkeh ini membuat Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan seringkali memberikan pembinaan mengenai swadaya pengembangan terhadap tanaman ini kepada masyarakat.


6. Sulawesi Utara

Sulawesi Utara adalah salah satu daerah dengan penghasilan hasil kebun cengkeh terbanyak ke tiga di Indonesia. Hal ini d tunjukan pada tahun 2018 silam, hasil panen cengkeh mencapai angka lima belas ribu ton bahkan lebih dalam skala nasional.

Penghasilan Sulawesi Utara terhadap hasil kebun cengkeh dalam satu hektar dapat mencapai angka 351 kg per ha. Semua ini dihasilkan dari para petani yang sudah ahli merawat dan memelihara perkebunan cengkeh. 


Beberapa daerah penghasil cengkeh di Indonesia yang telah dijabarkan, merupakan daerah terbesar yang memproduksi tanaman ini. Tanaman cengkeh yang tumbuh di Indonesia merupakan cengkeh dengan jenis dengan khasiat tinggi.


Daerah Penghasil Cengkeh Terbaik di Indonesia - Tanjung pinang pos

Belum ada Komentar untuk "6 Daerah Penghasil Cengkeh Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel