Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keunggulan Kopi Sidikalang Dibandingkan Kopi Lain

Kopi sidikalang

Tahukah kamu, bahwa sumatera terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Bagi penikmat kopi, tentu saja tidak asing lagi dengan jenis kopi terbaik yang dihasilkan oleh daerah ini, yaitu kopi yang bernama Kopi Sidikalang. 

Kenapa di namai Sidikalang ?

Hal itu dikarenakan kopi ini dihasilkan oleh pohon kopi yang ditanam di daerah Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Kelurahan Sidikalang sejak dulu telah dikenal sebagai penghasil biji kopi robusta terbaik dengan kadar kandungan kafein yang cukup tinggi, yaitu mencapai 70-80%. 

Salah satu alasan mengapa desa sidikalang sebagai penghasil kopi terbaik di Nusantara, karena wilayah tersebut berada dikawasan bukit barisan, dengan kombinasi cuaca yang sejuk serta tanah yang subur.

Kenapa kopi sidikalang terbaik.? Ini fakta dan kelebihan dari kopi tersebut

1. Cocok Dikonsumsi Bagi Lambung Bermasalah

Kok bisa.? Hal itu dikarenakan tingkat keasaman pada Kopi Sidikalang ini terbilang rendah jika dibandingkan dengan kopi jenis lain. Sehingga kopi yang satu ini cocok dikonsumsi oleh pecinta kopi yang memiliki masalah dengan lambung.

Selain itu, cita rasa pahit khas cokelat yang dihasilkan oleh kopi sidikalang membuat sensasi kenikmatan tersendiri dibandingkan dengan kopi lain ketika meminumnya.

2. Memiliki Aroma Khas

Dilansir dari laman bp-guide.id, produk unggulan dari Kopi Sidikalang ialah kopi robusta, yang memiliki cita rasa yang mirip cokelat dan sedikit manis. Untuk membedakan kopi ini dengan kopi robusta lain adalah wangi yang dihasilkan robusta Sidikalang tidak terlalu tajam.

Ciri khas lain dari kopi sidikalang ini memiliki tekstur sedikit lebih kasar dari arabika, sedangkan untuk warna yang dihasilkan tergantung dari bagaimana cara pengolahannya.

3. Long After Taste

Ciri khas lain dari Kopi Sidikalang ini adalah after taste-nya. After taste adalah daya tahan rasa kopi yang tertinggal di mulut dan tenggorokan setelah meminumnya. Semakin lama rasa kopi yang tertinggal di mulut, maka kopi tersebut punya nilai after taste yang tinggi.

Kopi Sidikalang ini memiliki after taste yang kuat. Sehingga membuat siapapun yang meminumnya akan merasakan kenikmatan rasa kopinya, karena tidak langsung hilang begitu saja setelah meminumnya.

4. Harganya Murah

Saat ini kopi arabika di pasar internasional dibanderol dengan harga 3,2 dollar AS per kilogram, sementara kopi robusta 1,5 dollar AS, harga tersebut hampir separuhnya. 

Akibat nilai ekonomisnya yang rendah, membuat para petani atau masyarakat sidikalang ingin beralih menanam kopi Arabika.


 Kelebihan Kopi Sidikalang - Tanjung Pinang Pos

Posting Komentar untuk "4 Keunggulan Kopi Sidikalang Dibandingkan Kopi Lain"