Close

3 Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Lupa Waktu dalam Bermain

Tahukah Anda, jika terdapat beberapa alasan mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain? Sebagian besar orang seringkali lupa waktu saat main. Hal tersebut terjadi karena bermain merupakan hal yang mengasyikkan untuk dilakukan sehingga tidak terasa jika tanpa terasa waktu cepat berlalu.

Mungkin bagi sebagian orang menganggap jika waktu bermain tidak terbatas dan fleksibel. Bahkan, tidak jarang orang-orang main hingga tidak ingat waktu sampai larut malam atau bahkan hingga pagi menjelang.

Dampak Negatif Lupa Waktu dalam Bermain

Bermain merupakan kegiatan yang disukai tidak hanya oleh anak-anak, tetapi juga anak remaja dan orang dewasa. Selain untuk mengisi waktu luang, bermain juga dapat membuat Anda merasa lebih senang. Berikut ini 3 dampak negatif dari lupa waktu dalam bermain.

1. Memunculkan Sikap Tidak Disiplin

Dampak pertama mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain yaitu karena dapat memunculkan sikap tidak disiplin. Sikap ini akan membuat Anda melalaikan tugas dan kewajiban yang dimiliki sehingga aktivitas sehari-hari menjadi berantakan.

2. Mudah Terkena Penyakit

Selain itu, alasan mengapa tidak boleh lupa waktu dalam bermain yaitu karena tubuh akan lebih mudah terkena penyakit. Hal tersebut terjadi karena Anda cenderung lupa untuk makan, minum dan istirahat saat sedang main.

Kondisi tubuh yang tidak sehat dan stabil akan lebih mudah terkena bakteri dan virus penyebab penyakit. Bahkan, cenderung terlihat lebih mudah lelah dan tidak bertenaga dalam menjalankan aktivitas.

3. Dapat Menimbulkan Dosa

Terakhir, Anda bisa saja mendapatkan dosa jika lupa waktu dalam main. Lupa waktu dapat mengakibatkan Anda menjadi lupa waktu beribadah dan melalaikan kewajiban, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan dosa. Terutama bagi orang Muslim yang memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah 5 waktu.

Anda perlu memahami dengan baik dampak negatif di atas agar tidak lupa waktu dalam main. Jika dibiarkan, kebiasaan buruk ini bisa berdampak tidak baik bagi anak maupun orang tua. Demikian ulasan singkat mengenai alasan mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar