4 Daerah Penghasil Ikan Tuna Terbesar di Indonesia

Permintaan tuna yang semakin tinggi di dunia, menjadikan industri semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dan negara Indonesia juga menjadi salah satu negara paling besar yang bisa menghasilkan tuna bahkan telah merajai pasar tuna secara internasional.

Nah, di bawah ini adalah beberapa daerah penghasil ikan tuna di Indonesia dengan kualitas yang terbaik:

Daftar Daerah Penghasil Ikan Tuna terbanyak dan terbaik di Indonesia

1. Lautan Flores

Provinsi Nusa tenggara Timur memang menjadi salah satu daerah yang menjadi penghasil produk perikanan di Indonesia bagian timur. Bahkan di tahun 2019 saja produksi dari ikan laut yang ada di lautan Flores mampu mencapai 19.000 ton. Pada lautan Flores bisa mencapai 1.930 ton.

Umumnya hasil tangkapan dari ikan tuna ini akan Andi dijual ke beberapa pulau yang ada di Indonesia seperti Jawa dan juga Bali. Akan tetapi, tuna juga bisa diekspor ke luar negeri. Yang tujuan dari ekspor ikan tuna ini biasanya adalah negara Korea Selatan, Negara Jepang, Negara Cina, Negara Singapura, Negara Vietnam dan juga negara Malaysia.

Dikarenakan lautan Flores ini menjadi salah satu daerah penghasil ikan tuna di Indonesia. Pemerintah pun melakukan pengelolaan dalam penangkapan ikan tuna secara baik. Yang pada akhirnya tidak akan terjadi eksploitasi yang berlebihan ketika melakukan penangkapan ikan tuna.

Editor terkait:

2. Lautan Maluku

Selanjutnya daerah Maluku menjadi salah satu yang mampu menghasilkan ikan tuna dengan kualitas yang sangat baik. Bagaimana tidak, karena lautan di Maluku masih sangat asri dan terjaga kealamian.

Sehingga ikan tuna yang ada di lautan Maluku mampu hidup dengan ukuran yang sangat besar. Bahkan, ekspor yang dilakukan untuk ikan tuna bisa mencapai 2, 22 ton yang merupakan ikan tuna segar dari lautan Maluku.

Ikan tuna yang dihasilkan oleh lautan Maluku terdapat tiga jenis, yang pertama adalah tuna sirip kuning, yang kedua adalah tuna mata besar, dan yang terakhir adalah tuna billfish. Penangkapan dari ikan tuna juga sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan juga peraturan dari menteri kelautan serta perikanan.

Perlu Anda ketahui, jika lautan Maluku mampu menghasilkan ribuan ton ikan tuna beserta spesies ikan lainnya. Yang mana ikan tuna yang berada di lautan Maluku ini bisa mencapai 6.000 ton. Sehingga tak heran jika negara Indonesia merupakan salah satu pengekspor terbesar dari ikan tuna ke beberapa kawasan Asia.

3. Perairan Laut Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan juga menjadi salah satu kawasan yang banyak dalam menghasilkan berbagai jenis ikan. Dimulai dari cakalang dan juga tongkol. Namun, perairan laut dari Sulawesi Selatan juga merupakan penghasil ikan tuna terbesar. Sebab di tahun 2017 saja, ikan tuna yang berasal dari perairan Sulawesi ini bisa mencapai 7.796 ton.

Sedangkan Kabupaten yang ada di dalam provinsi Sulawesi Selatan yang menjadi penghasil ikan tuna sirip kuning paling banyak. Bahkan, Kabupaten Bulukumba ini pada tahun 2018 mampu menghasilkan tuna sirip ikan dengan jumlah yang cukup mencengangkan yaitu sekitar 1274,3 ton.

4. Kawasan Bitung, Sulawesi Utara

Kawasan Bitung juga menjadi salah satu daerah yang bisa menghasilkan ikan tuna dalam skala yang besar. Karena di tahun 2019, kawasan Bitung ini telah menghasilkan sekitar 25.778 ton ikan tuna dengan berbagai macam jenis.

Karena menjadi daerah penghasil ikan tuna di Indonesia, kawasan Bitung memang didominasi oleh ikan tuna yellowfin dan juga ikan tuna cakalang. Namun ada beberapa jenis ikan tuna yang berjenis ikan tuna mata besar.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Alam atau konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos