Close

Kenapa Kalimantan Disebut Borneo?

Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia. Tahukah Anda bahwa pulau ini punya nama lain sebagai borneo? Kira-kira kenapa kalimantan disebut sebagai borneo ya? Ternyata ada sejarah menarik dibalik nama borneo. Kita simak penjelasannya, yuk!

1. Borneo; Nama Pohon

Terkait dengan nama atau julukan borneo kepada pulau Kalimantan, ternyata ada beberapa pendapat berbeda. Ada yang mengatakan bahwa nama borneo datang dari salah satu jenis pohon yang mendominasi di pulau Kalimantan.

Karena memang kita tahu pulau ini menjadi salah satu kawasan paru-paru Indonesia. Hutan tropis yang kaya akan fauna dan juga flora, serta menjadi penyedia oksigen bagi masyarakat Indonesia. 

Jika memang benar nama borneo asalnya dari nama pohon, wajar-wajar saja bukan? Katanya lagi, nama borneo ini sudah ada sejak abad ke-15, lho! Pohon borneo memiliki nama latin Dryobalanops camphora. Kabarnya pohon ini masih bisa kita temukan di kawasan hutan tropis pulau Kalimantan. 

2. Borneo; Nama Brunei

Pendapat lain mengatakan bahwa sebutan borneo ini datangnya dari Brunei. Bagaimana bisa? Melansir dari Havoc Weird, ada sebuah catatan kecil yang didalamnya memuat cerita seorang utusan kerjaan tiongkok. 

Utusan ini terkenal dengan nama Po-Po-Li, Po-Ni atau Bun-Lai, ia datang ke pulau Kalimantan sekitar abad ke-8 sampai abad ke-9. Dari sinilah asumsi bahwa borneo itu datangnya dari nama Brunei karena memiliki kemiripan antara Bun-Lai dan Borneo. 

Antara keduanya, mana yang bisa kita percaya? Terlepas dari kebenaran kenapa Kalimantan disebut borneo, bukan sesuatu yang perlu kita perdebatkan lagi. Toh nama ini bukan sesuatu yang buruk.

Bahkan nama borneo sudah terkenal di dunia. Sebagai masyarakat Indonesia, kita hanya perlu menjaga dan melestarikan apa yang masih tersisa sekarang ini. Pulau kalimantan dengan hutan tropisnya adalah harta karun bangsa yang sepatutnya kita jaga bersama.

Andai saja kondisi hutan tropis ini kian terancam, tentulah kita yang akan merasakan akibat buruknya. Keseimbangan iklim akan terganggu dan menimbulkan masalah-masalah baru terhadap lingkungan.

Jadi, itulah tadi dua pendapat yang bisa menjawab kenapa Kalimantan disebut borneo. Semoga menjawab rasa penasaran kita semua, ya!

Tinggalkan komentar