Close

Kenapa Kalimantan Tidak Ada Gempa? Begini Penjelasannya

Bencana gempa tektonik maupun vulkanik kerap terjadi di beberapa wilayah dalam Negara Indonesia. Akan tetapi, kenapa Kalimantan tidak ada gempa? Pasti banyak orang yang penasaran dengan hal tersebut.

Bila ditelusuri memang benar jika jarang terjadi gempa di Kalimantan sehingga dianggap aman dari gempa yang dapat merusak lingkungan. Sebenarnya hal tersebut tidak benar karena tahun 2015 lalu Kalimantan Utara juga pernah mengalami gempa berkekuatan 6,1 SR sehingga seluruh masyarakat harus waspada.

Kenapa Kalimantan Tidak Ada Gempa? Ternyata Ini Alasannya

Pulau Kalimantan terkenal juga dengan sebutan Borneo merupakan salah satu pulau terbesar sekaligus ibukota dari Negara Indonesia sehingga cukup menarik bagi masyarakat. Tidak heran jika banyak masyarakat yang tertarik untuk merantau ke pulau tersebut baik mencari pekerjaan ataupun tinggal tetap.

Bukan hanya sebagai pulau terbesar, tetapi masyarakat beranggapan bahwa Borneo menjadi salah satu pulau teraman dari gempa. Kenapa Kalimantan tidak ada gempa? Tidak jarang banyak pula yang mempertanyakan masalah ini.

1. Terletak Jauh Dari Lempeng Bumi

Apabila masyarakat menganggap pulau tersebut aman, sebenarnya tidak aman juga karena wilayah utara pernah mengalami gempa. Namun, potensi gempa di sana relatif rendah dibandingkan daerah lain karena terletak jauh dari lempeng bumi.

Biasanya daerah yang berpotensi gempa berada dekat dengan lempeng bumi atau di sekitar patahan lempeng. Sedangkan salah satu pulau besar di Indonesia iniĀ  terletak jauh dan tidak memiliki sesar aktif yang besar sehingga lebih aman dari potensi gempa besar.

2. Tidak Memiliki Gunung Yang Aktif

Berbagai pulau seperti Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Papua lebih berpotensi besar mengalami gempa tektonik maupun vulkanik. Bahkan beberapa daerah di pulau tersebut juga pernah mengalami gempa dahsyat hingga tsunami.

Sedangkan di Borneo tidak memiliki gunung aktif sama sekali, namun ada tiga sesar aktif yang berpotensi kecil. Tidak heran jika di sana berpotensi rendah terhadap gempa sehingga tidak merusak lingkungan atau menimbulkan korban jiwa.

Dengan begitu, masyarakat akan paham kenapa Kalimantan tidak ada gempa seperti daerah lain di tanah air. Pasalnya Kalimantan tetap berpotensi gempa, namun relatif lebih rendah sehingga masyarakat Kalimantan tetap harus waspada.

Tinggalkan komentar