Close

Kenapa Orang Dayak Takut Orang Jawa?

Indonesia menjadi salah satu Negara yang memiliki banyak suku serta budaya sehingga sangat indah dengan keberagaman tersebut. Namun, tidak jarang kita pernah mendengar tentang kenapa orang Dayak takut orang Jawa.

Tidak heran jika mendengar pertanyaan tersebut langsung membuat orang penasaran dan bertanya-tanya. Sebenarnya mitos ataukah fakta perihal pernyataan tersebut belum diketahui secara pasti hingga saat ini sehingga tidak bisa asal mempercayai.

Anggapan Suku Dayak Masih Primitif

Membahas tentang orang Dayak dan orang Jawa tentu memiliki adat yang berbeda dan pola hidup yang juga berbeda. Namun, di antara perbedaan tersebut sebenarnya tidak ada masalah yang serius sehingga semua masih aman.

Akan tetapi, banyak orang yang menganggap orang Dayak masih primitif karena tinggal di pedalaman dan masih menjunjung tinggi adat istiadat. Tentu sudah banyak orang paham akan adat suku Dayak yang tinggal di daerah Kalimantan bukan?.

Meskipun begitu, kini baik suku primitif atau suku Dayak yang semula tinggal di daerah terpencil mulai mengikuti zaman. Sudah banyak yang keluar dari lingkup adat dan mengikuti perkembangan zaman dengan hidup serta mencari mata pencaharian di kota.

Orang Jawa Suka Menjaga Unggah-Ungguh

Lalu, kenapa orang Dayak takut orang Jawa? Tidak benar jika suku asli Kalimantan ini takut dengan orang Jawa. Pasalnya suku Dayak dan suku Jawa sama-sama tinggal di Negara Indonesia, namun berbeda daerah tempat tinggal.

Biasa orang Jawa lebih terkenal pandai menjaga etika sopan santun saat berada di berbagai daerah baik dalam Jawa maupun luar Jawa. Sehingga banyak masyarakat yang segan dengan orang Jawa, tetapi bukan berarti takut dengan orang Jawa.

Oleh karena itu, benar jika ada perbedaan adat antara orang Jawa dan orang Dayak, namun kedua suku ini bisa saling menghargai. Dengan begitu, perihal orang Dayak takut orang Jawa hanya mitos belaka karena tidak ada alasan untuk menguatkan pernyataan tersebut.

Demikian penjelasan tentang pertanyaan kenapa orang Dayak takut orang Jawa? Sebenarnya hal tersebut tidak benar. Karena orang suku Dayak dan Jawa saling menghormati dan menghargai sesama penduduk Indonesia harus saling bersatu.

Tinggalkan komentar