Promo menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dan memiliki banyak manfaat dalam mengembangkan baik bisnis baru maupun yang sudah lama berjalan. Promosi mampu mendatangkan banyak manfaat serta vibes positif untuk bisnis. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara menentukan harga promo yang tepat untuk bisnis Anda.
Manfaat Promo untuk Bisnis
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara untuk menentukan harga promo, ada baiknya untuk mengetahui beberapa manfaatnya. Apa saja?
Branding
Mengadakan promo dapat membantu Anda untuk membangun branding bagi bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begitu, tingkat visibilitas brand bisnis yang Anda kelola menjadi lebih tinggi.
Media Komunikasi dengan Konsumen
Dengan promosi, secara tidak langsung Anda sedang membangun komunikasi intens dengan konsumen baik konsumen lama maupun baru. Saat promosi sedang berlangsung, konsumen akan mencari tahu tentang hal tersebut dan pada saat bersamaan pemilik bisnis bisa memberikan pengetahuan produk lebih banyak.
Product Awareness
Promo juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan product awareness dengan memperkenalkan produk kepada konsumen. Hal ini tidak hanya berlaku untuk memperkenalkan produk terbaru namun juga termasuk memperkenalkan produk lama. Sehingga konsumen bisa mengetahui semua produk yang Anda miliki.
Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Promosi juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen terutama para konsumen lama. Dengan adanya promo, para konsumen akan merasa tertarik dan melakukan pembelian ulang terhadap produk-produk Anda.
Menarik Konsumen Baru
Promosi juga bisa membantu bisnis Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan baru. Konsumen yang melihat penawaran promo atau diskon sudah tentu akan melirik produk tersebut dan mulai membelinya.
Meningkatkan Penjualan
Semakin banyak konsumen yang tertarik dengan produk-produk promo milik Anda, baik konsumen baru maupun lama tentu akan mendatangkan keuntungan. Penjualan akan mengalami peningkatan jika Anda mengoptimalkan promosi.
Menentukan Harga Promo yang Tepat
Begitu banyak manfaat promosi, lalu bagaimana cara menentukan harga promo yang tepat? Salah satu program promo yang populer adalah diskon, jadi mari belajar menentukan diskon dengan benar dengan beberapa tahap berikut.
- Menghitung biaya produksi
- Menghitung harga dasar produk
- Menentukan margin profit
- Menentukan harga diskon
Kemudian lakukan perhitungan dengan contoh bisnis clothing kecil yang mulai membuat 50 kaos.
Biaya produksi (termasuk pemasaran): Rp3.000.000
Harga dasar produk: Rp3.000.000 : 50 kaos = Rp60.000
Margin profit berdasarkan riset kaos dijual dengan rata-rata harga Rp100.000: Rp100.000 – Rp60.000 = Rp40.000
Harga diskon yang akan Anda berikan misalnya 10% dari harga jual maka hasilnya Rp10.000. Mengingat margin profit hanya senilai Rp40.000 maka Anda bisa memberi sebanyak 3 kali potongan saja (30%). Jika diskon 30% maka besarnya Rp30.000 dan Anda masih mendapatkan margin profit sebesar Rp10.000.
Jadi seperti itu cara menentukan harga promo yang tepat dan benar sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat untuk bisnis Anda namun tetap untung. Semoga bermanfaat.