close

Donasi Kesehatan untuk Mengeliminasi Penularan HIV/AIDS pada Ibu dan Anak

Sosialisasi pencegahan penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit tersebut. Pasalnya, HIV/AIDS termasuk penyakit yang tak pandang bulu dan bisa dialami siapa saja, termasuk ibu dan anak.

Meski begitu, HIV/AIDS dapat dicegah sedini mungkin. Selain memperkenalkan cara-cara untuk mengeliminasi penularannya, upaya seperti memberikan dana lewat donasi kesehatan bisa membantu lembaga tertentu seperti UNICEF untuk menyelenggarakan sosialisasi dan menyediakan layanan kesehatan terbaik bagi yang membutuhkan.

Bagaimana cara mencegah HIV/AIDS pada ibu dan anak?

dr. Siti Nadia Tarmizi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, mengungkapkan, penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak dapat ditekan risikonya dengan identifikasi sejak awal. Apalagi penyakit tersebut dapat terjadi dari masa kehamilan, melahirkan, sampai menyusui.

Salah satu langkah yang dapat para bumil lakukan adalah mengikuti Triple Eliminasi, pemeriksaan kondisi lewat tes untuk kondisi-kondisi tertentu supaya pencegahan penyakit menular seperti sifilis, hepatitis, dan HIV bisa ditangani sejak awal. Nadia menambahkan ketiga penyakit tersebut mudah menular dari ibu ke anak, termasuk pada tiga fase yang disebutkan sebelumnya.

Triple Eliminasi berfungsi membantu ibu yang ternyata sudah terinfeksi untuk melakukan pengobatan sedini mungkin. Langkah yang lebih cepat akan menekan risiko penularan pada bayi dan dampak-dampak negatif lainnya di kemudian hari.

Berdasarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia, risiko ibu rumah tangga terinfeksi virus HIV tergolong tinggi. Menurut data yang dihimpun Kemenkes, ada lebih dari 16.000 ibu rumah tangga di Indonesia yang sudah tertular penyakit tersebut.

Bagaimana cara berdonasi ke UNICEF untuk mencegah penularan HIV/AIDS?

Selain mengaplikasikan Triple Eliminasi, Anda bisa berdonasi ke UNICEF untuk mengoptimalkan pencegahan penularan. UNICEF sudah menyediakan situs donasi online dengan dua opsi penggalangan dana, yakni donasi sekali dan bulanan. Jumlah dana yang ingin Anda transfer pun bisa disesuaikan pilihan yang tersedia pada website UNICEF. Dengan bantuan Anda, UNICEF akan berupaya mengeliminasi infeksi HIV/AIDS pada ibu dan anak.

Tinggalkan komentar