Close

5 Makanan Khas Sunda yang Terkenal Enak dan Unik

Menu makanan khas Sunda menjadi salah satu menu favorit keluarga di Indonesia, karena terkenal dengan cita rasanya yang enak dan gurih.

Masakan khas dari daerah Banten dan Jawa Barat ini kaya akan cita rasa pedas, gurih asin, asam segar, atau manis ringan.

Karena cita rasa yang sangat khas, tidak heran kalau daerah Banten dan Jawa Barat dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner bagi banyak orang.

Bagi kamu yang penasaran dengan makanan khas sunda, di sini Indozone telah merangkum beberapa daftar makanan khas sunda yang terkenal enak dan unik.

Nasi Timbel

Nasi timbel makanan khas Sunda (herstory.co.id)

Nasi timbel merupakan salah satu variasi hidangan nasi yang disajikan dengan bungkusan daun pisang, dan untuk menambah aroma sedap, umumnya nasi timbel dibuat dari jenis beras Bagolo atau beras merah campuran. Pada awalnya para petani biasa menyajikan hidangan ini saat sedang beristirahat, kini nasi timbel menjadi salah satu menu wajib makanan khas Sunda di berbagai tempat makan.

Untuk menambah kenikmatan nasi timbel, biasa nasi timbel dihidangkan dengan berbagai macam lauk pauk antara lain seperti ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, tawes, dan japuh. Tidak lupa juga ditambah dengan lalapan serta sambal agar hidangan ini terasa komplit.

Empal Gentong

Empal gentong khas suku Sunda (ayocirebon.com)

Bagi kamu yang sedang berwisata kuliner ke Cirebon, kamu wajib mencoba makanan khas Sunda yang ada di sana, yaitu empal gentong. Masakan ini disebut gentong karena proses memasaknya menggunakan kayu bakar di dalam gentong.

Biasanya, isian yang dipakai pada hidangan ini adalah usus, babat, dan daging sapi, yang kemudian disiram dengan kuah santan. Empal gentong sendiri tentunya tidak lengkap jika tidak disajikan dengan lontong atau nasi dan juga bisa ditambahkan dengan kucai dan cabai kering untuk menambah cita rasa.

Karedok

Karedok makanan khas Sunda yang unik (bobo.grid.id)

Karedok merupakan makanan khas Sunda yang sekilas mirip dengan gado-gado atau pecal, bahkan banyak yang mengira karedok berasal dari Jakarta, padahal makanan yang banyak ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia ini merupakan masakan asli Sunda.

Hidangan ini berisiĀ  sayur-sayuran segar seperti mentimun, taoge, kol, kacang panjang, ubi, daun kemangi, dan terong. Sayuran tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang yang memiliki berbagai tingkat kepedasan. Hidangan ini juga identik dengan menambahkan oncom bakar. Bila tidak menambahkan oncom bakar, maka disebut lotek mentah.

Ayam Bakakak

Makanan khas Sunda ayam bakakak (freepik.com)

Ayam Bakakak merupakan menu masakan favorit yang biasa disajikan oleh masyarakat Sunda. Sebagian besar masyarakat Sunda biasanya menyajikan hidangan ini pada acara-acara tertentu, seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya.

Ayam bakakak sendiri menggunakan ayam kampung jantan utuh sebagai bahan utamanya. Setelah dibumbui, ayam kemudian dipanggang atau dibakar. Ayam bakakak biasa disajikan dengan berbagai macam pilihan sambal dan lalapan sayur agar hidangan ini terasa komplit.

Sate Maranggi

Sate maranggi makanan khas Sunda (Eatologi.com)

Kalau kamu sering berkunjung ke daerah Purwakarta dan Cianjur, tentunya kamu tidak asing dengan makanan asli Sunda yang satu ini, yaitu sate maranggi. Sate maranggi menggunakan daging kambing atau daging sapi sebagai bahan utamanya.

Cara memasak sate maranggi sedikit berbeda dengan sate lainnya. Sate maranggi dimasak dengan proses merendam daging ke dalam bumbu kecap dan rempah sebelum ditusuk dan dibakar. Karena cita rasa makanan ini sudah terasa karena rendaman bumbu rempah, biasanya sate maranggi tidak menggunakan saus tambahan. Kemudian, sate maranggi disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar, atau nasi timbel.

Itu dia beberapa daftar masakan khas Sunda yang terkenal unik dan enak yang wajib untuk kamu coba.

Tinggalkan komentar