Close

Mengapa Sampah Tidak Boleh Dibuang Ke Sungai?

Sungai yang penuh sampah merupakan salah satu masalah perkotaan yang umum. Meski sering terkena banjir, tapi masyarakat sepertinya belum juga paham mengapa sampah tidak boleh dibuang ke sungai.

Kurangnya kesadaran masyarakat ini menyebabkan sampah plastik rumah tangga menumpuk di sepanjang sungai hingga terlihat seperti daratan. Jika sudah seperti ini, lalu bagaimana cara mencegah terjadinya banjir?

4 Sebab Mengapa Sampah Tidak Boleh Dibuang Ke Sungai, Nomor 5 Paling Sering Terjadi

Sebagian Sungai dikelola PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan diolah menjadi air bersih yang kemudian dialirkan ke rumah penduduk. Itulah mengapa limbah detergen tidak boleh dibuang ke sungai. 

Hal tersebut akan berimbas pada lingkungan juga kehidupan manusia itu sendiri. Dampak yang ditimbulkan memang tidak bisa dipandang enteng. Berikut adalah dampak membuang sampah di sungai:

1. Ketersediaan Air Bersih

Melansir National Geographic, hanya satu persen dari seluruh sumber air di dunia yang bisa diakses dan digunakan umat manusia. Salah satunya adalah sungai. Dengan demikian ketika sungai tercemar sampah, maka ketersediaan air bersih juga akan berkurang.

2. Sungai Kotor Dan Bau

Pada dasarnya, sampah kotor dan bau. Ketika sampah dibuang ke sungai, maka sungai pun akan tercemar. Begitu pula dengan airnya, menjadi kotor dan bau. Compound Interest mengatakan, zat organik sampah yang dikonsumsi dan diurai mikroorganisme menghasilkan senyawa kimia berbau tidak sedap, busuk, juga tengik.

3. Pendangkalan Dasar Sungai

Jika mengandalkan mikroorganisme untuk mengurai sampah, maka akan membutuhkan waktu lama, tidak sebanding dengan kuantitas sampah yang dibuang setiap harinya.

Oleh karena itu, sampah-sampah tersebut menumpuk di dasar sungai yang kemudian menghambat sedimen dan benda lainnya dalam aliran sungai. Semakin lama, tumpukan sampah dan lumpur semakin banyak dan sungai pun menjadi dangkal.

4. Banjir

Pendangkalan sungai tersebut di atas, akan membuat volume tampungan air pada sungai berkurang. Dengan demikian Ketika hujan besar atau debit air dari daerah hulu meningkat, maka sungai tidak sanggup menampung aliran air. Selanjutnya terjadilah banjir.

Itulah alasan mengapa sampah tidak boleh dibuang ke sungai. Seluruh dampak tersebut sangat merugikan, sehingga manusia harusnya mulai sadar dan menjaga diri juga lingkungannya agar tidak melakukannya lagi.

Tinggalkan komentar