5 Negara Penghasil Anggur Terbesar di Dunia

Salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat adalah buah anggur. Buah satu ini tidak hanya bisa dimakan buahnya saja, namun juga bisa dibuat variasi yang tentunya enak dan bernilai jual tinggi.

Buah anggur bisa dikeringkan dan dibuat menjadi kismis. Selain itu, buah ini juga bisa dibuat jus atau selai dan yang paling populer adalah diproses secara fermentasi untuk dibuat minuman.

Berikut 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia.

Daftar Negara Penghasil Anggur terbanyak dan terbaik di Dunia

1. Perancis

Di sektor pertanian, buah anggur adalah komoditas ekspor yang paling utama di Prancis. Negara tersebut mempunyai minimal 110.000 perkebunan anggur dengan luas 920.000 hektar dan tersebar di seluruh wilayah negara. Prancis memproduksi anggur sejumlah 6.740.004 metrik ton dan menghasilkan sekitar 44.538 US dollar sehingga termasuk yang terbesar.

Produksi anggur di Perancis dipeloori oleh bangsa Romawi ke tanah Galia saat sebelum Masehi, tepatnya pada abad ke-6. Awalnya anggur hanya ditanam di wilayah tenggara dan selatan Perancis saja, namun sekarang telah berkembang hampir di seluruh wilayah. Wilayah tenggara dan selatan tersebut adalah Languedoc, Bordeaux, serta Rhone.

2. China

China merupakan negara yang mengkonsumsi buah anggur terbesar di dunia. Luas kebun tanaman anggur d China mencapai 6.000 kilometer persegi. Negara tersebut memproduksi buah anggur sejumlah 5.212.090 metrik ton. Para pengusaha anggur di China membangun industry anggur dari gurun tandus yang kemudian disulap menjadi kebun anggur.

Kebun anggur tersebut dialiri dengan sistem irigasi yang begitu canggih. Dengan luas kebun anggur yang mencapai 6.000 kilometer persegi, tidak ada negara lain yang bisa menyaingi negara ini dalam hal memproduksi anggur. China benar-benar membangun pabrik pengolahan anggur dan tempat penyimpanannya dari nol.

Editor terkait:

3. Amerika

Hampir semua wilayah di negara bagian Amerika memproduksi buah anggur. Produksi terbanyak adalah di negara yang ada di bagian pantai barat seperti Washington, Oregon, dan California. Namun sekarang Virginia yang berada di wilayah pantai timur juga memproduksi anggur.

Produksi anggur yang dihasilkan oleh salah satu negara penghasil anggur terbesar di dunia tersebut mencapai 6.206.228 metrik ton dengan penghasilan mencapai 54.596 US dollar. Virginia mulai dilirik oleh para pecinta anggur karena mempunyai banyak lahan pertanian anggur yang kaya akan hujan saat musim panas dan juga sinar matahari.

4. Italia

Di Italia, produksi anggur dimulai sejak abad kedua sebelum masehi. Teknik produksi anggur tersebut dipelo[ori oleh bangsa Romawi. Buah anggur diproduksi dalam jumlah besar dengan pengembangan solusi untuk menyimpan anggur dengan langkah inovatif. Langkah inovatif tersebut dalam hal pembotolan dan pembuatan anggur.

Italia mampu memproduksi 8.307.514 metrik ton dan menghasilkan 30.594 US dollar. Kebun anggur sejumlah lebih dari 1 juta tersebar hampir di seluruh wilayah. Karena dipelopori oleh bangsa Romawi, maka hingga saat ini Italia masih sangat lihai dalam hal memproduksi anggur.

5. Spanyol

Spanyol mulai menanam buah anggur sejak permulaan abad. Dalam hal produksi wine, Spanyol pertama kali memproduksinya sebelum abad ke-1. Orang-orang Romawi mencatat produksi wine paling tua di Spanyol berasal dari wilayah yang dekat dengan Barcelona, Alella. Selain itu, orang Romawi bernama Ovid mencatat bahwa Saguntum adalah yang terpopuler.

Spanyol memproduksi anggur sebanyak 5.676.985 metrik ton dengan penghasilan 30.278 US dollar. Spanyol sebagai salah satu negara penghasil anggur terbesar di dunia membangun museum interaktif di Teia yang berada dekat dengan Alella. Museum tersebut memperlihatkan mengenai proses pembuatan wine.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Alam atau konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos