5 Negara Penghasil Padi Terbesar di Dunia

Sebagai salah satu pangan utama di beberapa negara seperti  Indonesia dan Cina, padi termasuk sebagai  tanaman budidaya yang penting. Padi akan diolah menjadi beras dan dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Padi yang telah diolah menjadi beras tentunya memiliki beberapa kandungan seperti vitamin, mineral, air, dan protein yang akan membuat energi dan kesehatan tubuh meningkat.

Dilihat dari besarnya kebutuhan padi di dunia, maka tak heran apabila ada beberapa negara penghasil padi terbesar di dunia. Mari kita bahas beberapa negara yang dimaksud tersebut.

Daftar Negara Penghasil Padi terbanyak dan terbaik di Dunia

1. Indonesia

Karena selalu mencatatkan total produksi yang tinggi, Indonesia bersama Thailand dan Vietnam dijuluki sebagai “Lumbung Padi”. Indonesia juga dikenal sebagai negara penghasil padi yang cukup terkemuka. Daerah yang diandalkan Indonesia sebagai penghasil padi terbesar yakni Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Dipilihnya keempat daerah tersebut karena masing-masing memiliki luas lahan lebih dari 1 juta hektar dengan hasil panen lebih dari 5 juta ton. Indonesia mampu menghasilkan padi sekitar 83,04 juta ton per tahun. Walaupun memiliki hasil panen yang tinggi, mirisnya Indonesia masih mengandalkan kebutuhan pokok dengan melakukan impor. Hal tersebut dilakukan pemerintah dengan alasan untuk memastikan ketersediaan stok terjaga.

2. Vietnam

Walaupun Vietnam pernah meminjam beras Indonesia pada zaman Orde Baru, namun kini mampu menjadi salah satu negara yang menghasilkan padi dengan total produksi yang besar. Salah satu alasannya karena negara tersebut mencoba mengikuti sistem pertanian di Indonesia. Sistem tersebut mereka kembangkan sampai berhasil meningkatkan produksi  padi secara signifikan.

Sampai saat ini Vietnam memiliki hasil produksi padi sekitar 44,05 juta ton per tahun. Meskipun tingkat produksi padi tinggi, namun tingkat konsumsi beras lebih rendah karena jumlah penduduk Vietnam yang masih dibawah 100 juta orang. Dengan begitu, kebijakan ekspor dilakukan pemerintah dengan lebih leluasa.

Editor terkait:

3. Cina

Cina menjadi peringkat pertama sebagai negara penghasil padi terbesar di dunia. Tak heran apabila Cina mempu memproduksi padi sekitar 206,5 juta ton sampai 214 juta ton setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2020, produksi padi diproyeksikan mencapai 212,13 juta ton. Jumlah populasi penduduk Cina yang tinggi pun sangat sebanding dengan padi yang mampu dihasilkan.

Selain budaya pertanian yang kuat, produksi padi yang besar tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti curah hujan yang memadai dan suhu yang relatif hangat. Lahan persawahan yang luas juga berkontribusi meningkatkan produksi padi.

4. Bangladesh

Jumlah produksi padi di Bangladesh mampu bersaing dengan negara-negara lain, meskipun masih tergolong negara berkembang. Selain iklim tropis, Bangladesh juga memiliki iklim muson yaitu curah hujan yang tinggi selama beberapa bulan. Kedua iklim tersebut sangat cocok untuk pertanian padi.

Bangladesh mampu memproduksi padi sampai sekitar 56 juta ton per tahun. Hal itu cukup membanggakan meskipun saat ini Bangladesh belum optimal dalam memanfaatkan bibit unggul, pupuk, dan mesin pertanian.

5. India

Negara penghasil padi terbesar di dunia selanjutnya adalah India. India memang memiliki sektor pertanian yang cukup komprehersif. Langkah-langkah yang diterapkan guna meningkatkan produksi padi di negara ini relatif berhasil. Buktinya, hasil produksi padi di India setiap tahun meningkat.

Setiap tahun, petani padi di India mampu memanen sekitar 172 jutaan ton. Seluruh penduduk India juga menjadikan beras sebagai makanan pokok. Hebatnya, India mampu mengekspor beras ke pasar dunia namun tetap memenuhi kebutuhan penduduknya tersebut.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Alam atau konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos