Close

Kenapa Bunga Edelweis Tidak Boleh Dipetik?

Mungkin masih ada di antara kita yang penasaran, kenapa bunga edelweis tidak boleh dipetik? Nama lain dari bunga edelewais adalah bunga abadi, karena konon memang bunga ini tidak pernah layu.

Dari segi tampilan, bunga abadi ini memang sangat cantik dengan perpaduan warna yang pas, yakni putih dan kuning. Sekali pandang, hati siapa yang tidak tergoda untuk meminang dan membawanya pulang.

Fakta Unik Dibalik Kenapa Bunga Edelweis Tidak Boleh Dipetik

Sayangnya, keinginan tersebut harus terbentur dengan peraturan pemerintah dalam UU no. 5 tahun 1990 pasal 33 ayat 1 dan 2. Ternyata, ada fakta unik yang melatarbelakangi kenapa bunga edelweis dilindungi, beberapa di antaranya:

1. Penemuan Sejak 200 Tahun yang Lalu

Di Indonesia, bunga edelweis pertama kali ditemukan pada tahun 1819 oleh seorang naturalis asal Jerman, Georg Carl Reinwardt. Lokasinya berada di lereng Gunung Gede – Jawa Barat dan masih tumbuh subur hingga kini.

2. Sebagai Bunga Abadi

Penyebutan sebagai bunga abadi menjadi salah satu alasan bunga edelweis tidak boleh dipetik. Nama ini berlandaskan pada waktu mekar bunga yang terbilang cukup lama, bahkan hingga 10 tahun. 

Hal ini dikarenakan, ada kandungan hormon etilen yang terdapat pada bagian kelopak bunganya. Hormon inilah yang menjaga bunga, agar bagian-bagiannya tidak mengalami kerontokan. 

3. Hanya Mekar di Bulan April Hingga Agustus

Meski dibilang sebagai bunga abadi, edelweis hanya mekar pada bulan April hingga Agustus. Sebab, sepanjang bulan ini matahari bersinar dengan terik, sehingga penyerapannya bisa semakin intensif.

4. Bagian dari Adat

Indonesia menjadi salah satu negara dengan tempat pertumbuhan edelweis yang cukup banyak, salah satunya di Gunung Bromo. Kawasan ini merupakan tempat tinggal suku Tengger yang menggunakan bunga edelweis dalam upacara adat.

Oleh karena itu, masyarakat mengadakan program swadaya untuk menanam bibit bunga edelweis di masing-masing rumah. Tujuannya tentu agar tidak merusak habitat asli bunga yang berada di Gunung Bromo.

5. Populasi Semakin Berkurang

Alasan kenapa bunga edelweis tidak boleh dipetik yang terakhir adalah populasinya yang semakin berkurang. Fakta ini berdasarkan kondisi di lapangan dan didukung dengan tertangkapnya beberapa pendaki yang memetik bunga edelweis.

Dengan sederet fakta-fakta tersebut, rasanya sudah tidak perlu lagi mengajukan pertanyaan kenapa bunga edelweis tidak boleh dipetik. Mari jaga lingkungan sekitar, agar keseimbangan hidup bisa kita nikmati bersama.

Tinggalkan komentar