5 Negara Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Dunia

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi perkebunan utama di dunia. Pada tahun 2019 lalu, menurut IPAD, tercatat produksi kelapa sawit dunia memasuki nilai 73.299 metrik ton.

Tentunya jumlah ini tak lepas dari keberadaan 5 negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia sebagai pusat perputaran peredaran kelapa sawit dunia. Berikut daftar dan uraian kelima negara tersebut.

Daftar Negara Penghasil Kelapa dan Minyak Sawit terbaik di Dunia

1. Indonesia (42.500 metrik ton)

Indonesia menempati urutan pertama sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Pada tahun 2019 Indonesia tercatat menghasilkan 42.500 metrik ton kelapa sawit per tahunnya. Dengan jumlah sekian, Indonesia mencatat rekor sebagai negara yang memegang kendali lebih dari 50 persen peredaran kelapa sawit dunia.

Pasokan kelapa sawit Indonesia tersebar di beberapa daerah seperti Riau, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Jambi.

Bisnis kelapa sawit di Indonesia sendiri baru dimulai pada tahun 1887. Banyaknya permintaan pasar membuat bisnis ini semakin berkembang sejak tahun 1900 lalu. Hingga akhirnya Indonesia menyandang predikat sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.

Editor terkait:

2. Malaysia (19.255 metrik ton)

Urutan kedua dalam daftar penghasil kelapa sawit terbesar di dunia ditempati oleh negara Malaysia. Negara tetangga ini, ternyata mampu menghasilkan 19.225 metrik ton kelapa sawit per tahunnya.

Jika dilihat dari produksi hasil kelapa sawit, maka Malaysia memegang kendali pemasaran kelapa sawit dunia sebanyak 26 persen pada tahun 2019 lalu. Jumlah ini tentunya dapat terkumpul dari kerja keras para petani dan perkebunan kelapa sawit milik negara Malaysia.

Adapun, perkebunan kelapa sawit Malaysia tersimpan di beberapa daerah seperti Padang, Sabah, Perak, Serawak, dan Johor.

3. Thailand (2.800 metrik ton)

Negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia ketiga adalah negara Thailand. Negara yang tak pernah dijajah ini, ternyata mampu menghasilkan sebanyak 2.800 metrik ton kelapa sawit per tahunnya.

Keberhasilan negara Thailand dalam mengelola kelapa sawit ini tentunya tak lepas dari dukungan daerah-daerahnya. Salah satu wilayah perkebunan kelapa sawit terbesar di negara ini terletak di wilayah Thailand bagian Selatan.

Sebagai upaya meningkatkan produktivitas kelapa sawitnya, negara Thailand bahkan mengembangkan program industri perkebunan dalam jangka waktu 10 tahun mendatang. Tak tanggung-tanggung pemerintah Thailand bahkan merencanakan adanya kenaikan hasil kelapa sawit sebesar 3 metrik ton di tiap tahunnya.

4. Columbia (1.507 metrik ton)

Menurut data, negara Columbia berada pada urutan ke empat. Negara ini mampu menghasilkan 1.507 metrik ton kelapa sawit di tiap tahunnya.  Jumlah ini mewakili sebanyak 2 persen dari laju penghasilan kelapa sawit di dunia.

Memperluas produksi kelapa sawitnya, negara Columbia bahkan mengajukan proposal penawaran kerjasama dengan pemerintah negara Indonesia. Dalam penawaran proposal, Columbia menawarkan Indonesia untuk berinfestasi di lahan perkebunan tumpang tindih milik negara Columbia.

5. Nigeria (1.220 metrik ton)

Negara terakhir, sebagai lima besar penghasil kelapa sawit dunia adalah negara Nigeria. Pada tahun 2019 Nigeria tercatat mampu menghasilkan 1.220 metrik ton kelapa sawit per tahunnya. Dari segi pendapatan kelapa sawit dunia, Nigeria mampu merepresentasikan penghasilan kelapa sawit sebesar 2 persen.

Jumlah ini sangat sepadan, lantaran Nigeria memiliki sekitar lima lokasi (terletak di daerah daerah perkebunan kelapa sawit). Kelima lokasi tersebut tersebar di beberapa daerah, yang antaranya: Nigeria bagian Selatan, Nigeria bagian Timur, dan Nigeria bagian Barat.

Dengan banyaknya perkebunan kelapa sawit yang terdapat di negara Nigeria ini, maka pantaslah jika negara Nigeria menempati urutan kelima dalam daftar negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Alam atau konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos