Close

5 Alasan Kenapa di Indonesia Tidak Ada Wajib Militer

Penggemar K-pop dan K-drama pasti sudah tidak asing dengan istilah wamil (wajib militer). Pasalnya, para artis muda negeri ginseng tersebut banyak yang vakum sejenak dari dunia hiburan karena ikut wamil. Lantas, kenapa di Indonesia tidak ada wajib militer?

Alasan Kenapa Di Indonesia Tidak Ada Wajib Militer

⦁ Indonesia Tidak Dalam Kondisi Darurat Perang

Pada tahun 2002 dan 2013, RUU terkait wajib militer ini sempat menjadi perbincangan hangat. Namun, pemerintah membuat keputusan untuk tidak mengesahkannya. Pasalnya, saat ini Indonesia tidak sedang berada pada kondisi darurat perang fisik.

⦁ Wajib Militer Indonesia Bisa Menelan Biaya Besar

Saat ini, jumlah penduduk Indonesia mencapai lebih dari 278 juta jiwa. Walaupun misalnya hanya 10 persen saja yang berada pada usia wamil, tetap merupakan angka yang besar. Tentu saja akan membutuhkan biaya tinggi untuk pelatihan tersebut.

Ini juga merupakan salah satu pertimbangan kenapa di Indonesia tidak ada wajib militer.  Apalagi saat ini kondisi Indonesia tergolong kondusif.

Berbeda dengan beberapa negara yang masih menerapkan wajib militer, seperti Korea dan Laos. Jumlah penduduk usia muda di negara tersebut tidak terlalu besar. Di samping itu, memang ada urgensi tingginya risiko konflik peperangan.

⦁ Kekuatan Militer Indonesia Cukup Memiliki Pamor

Nyatanya, kekuatan militer Indonesia cukup mampu menunjukkan taringnya. Bahkan pasukan elitnya pernah berada pada peringkat ketiga di mata dunia. Jika membandingkan dengan negara tetangga pun, kekuatan militer negeri ini masih unggul.

⦁ Punya Komponen Cadangan Pertahanan Negara

Kendati tidak ada wajib militer, Indonesia menerapkan program komponen cadangan untuk mendukung TNI. Setiap warga negara pada usia 18-35 tahun yang memenuhi syarat, bisa mendaftarkan diri secara sukarela.

Jadi, bentuk wajib militer di Indonesia memang tidak ada, karena beberapa pertimbangan. Termasuk mengingat sifatnya yang belum mendesak. Hanya saja, masyarakat bisa turut terlibat dalam bela negara sebagai komponen cadangan sukarela.

⦁ Jiwa Nasionalisme Rakyat Indonesia Kuat

Satu lagi alasan kenapa di Indonesia tidak ada wajib militer adalah jiwa nasionalisme yang tertanam kuat dalam masyarakat. Kita patut berbangga melihat masyarakat siap bersatu ketika melihat negerinya terusik.

Tinggalkan komentar