Close

Kenapa Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Nasional?

Kenapa bahasa indonesia menjadi bahasa nasional? Sebagai bangsa dengan ragam bahasa daerah, tentu pertanyaan ini menjadi satu hal yang butuh untuk dijawab. Mengingat, suku-suku besar di Indonesia banyak, dan bisa dikatakan jumlahnya dominan.

Mengapa bukan suku itu saja? Oleh karena itu, mari simak alasan kenapa bukan bahasa daerah yang jadi bahasa nasional.

Alasan Kenapa Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Nasional

Bahasa Indonesia desas-desusnya mulai banyak dipelajari oleh negara lain, dan masuk ke salah satu bahasa yang digemari. Oleh karena itu, tidak heran kalau di awal sejarah penerapannya, ini dijadikan bahasa nasional. Misalnya saja alasan berikut ini.

1. Pelafalan Lebih Mudah

Melafalkan suatu kosa kata memang tidak mudah, apalagi yang kental dengan dialek atau konotasi penekanan tertentu. Sedangkan bahasa Indonesia ini cenderung sederhana dan mudah. Sesuai teks dan apa adanya.

Tidak membutuhkan banyak usaha untuk melafalkan dan juga memahami konotasi untuk jenis yang sedikit mirip. Oleh karena itu, bahasa Indonesia pun menjadi bahasa yang disahkan untuk jadi bahasa nasional.

Mengingat ragam suku di Indonesia ada banyak, dan punya bahasa daerah masing-masing. Sehingga, memudahkan komunikasi antar suku dan daerah.

2. Memiliki Kosakata Lebih Banyak

Meski satu rumpun dengan bahasa Melayu, bahasa Indonesia memiliki kosa kata lebih banyak. Sehingga memudahkan penggunanya untuk mengekspresikan satu kondisi atau sikap ke dalam tutur kata.

Apalagi pelafalannya yang mudah. Tentu dengan keragaman kosa kata ini menjadikannya lebih kaya makna serta menghasilkan diksi yang indah.

3. Lebih Ramah Untuk Bahasa Serapan

Banyak kosa kata bahasa Indonesia yang sama dengan bahasa lain, misalnya saja bahasa Arab, Melayu, Belanda, dan lainnya. Oleh karena itu, dengan kayaknya kosa kata yang ada juga memudahkan bahasa asing untuk terserap, bahasa Indonesia layak menjadi bahasa nasional.

4. Mudah Dipelajari dan Dihafalkan

Strukturnya yang mudah dan tidak banyak aturan, membuat bahasa Indonesia lebih mudah dipelajari oleh siapa saja. Apalagi, penggunaannya juga sederhana, dengan kosa kata yang mudah pelafalannya.

Ini menjadikan bahasa Indonesia layak jadi bahasa pemersatu, karena orang tidak butuh banyak belajar untuk melafalkan dan menggunakannya dalam komunikasi secara benar.

Jadi memang kenapa bahasa indonesia menjadi bahasa nasional semua dipertimbangkan berdasarkan kemudahan dan juga efektifitasnya dalam berkomunikasi. Sehingga semua orang bisa menggunakannya dengan mudah tanpa ribet akan struktur dan juga pelafalan.

Tinggalkan komentar