Close

Kenapa Burung Garuda Dijadikan Lambang Negara Indonesia?

Seperti yang sudah diketahui bahwa lambang negara Indonesia adalah burung Garuda. Namun, masih banyak yang belum tahu kenapa burung Garuda dijadikan lambang negara Indonesia. Oleh karena itu, silakan simak penjelasan ini agar bisa memahaminya.

Alasan Kenapa Burung Garuda Dijadikan Lambang Negara Indonesia

1. Mempunyai Sejarah yang Mendalam

Kenapa burung Garuda dijadikan lambang negara Indonesia? Pertama, karena sejarahnya yang mendalam. Burung Garuda terinspirasi dari Arca Garuda Wisnu. Arca tersebut ditemukan di daerah Trawas, Jawa Timur.

Sejarah burung Garuda dalam ajaran Hindu disebut sebagai kendaraan Dewa Wisnu ketika bepergian. Selain itu, Garuda juga digambarkan mempunyai tubuh emas, wajah putih, dan sayap merah.

Paruh dan sayapnya dianggap sama dengan elang. Akan tetapi, tubuhnya seperti manusia dan ukurannya besar sampai dapat menghalangi matahari.

Dalam mitologi Hindu, Garuda juga mempunyai kisah mendalam, dimana ia berhasil dalam membebaskan induknya dari perbudakan. Dari kisah tersebut, Garuda akhirnya menjadi salah satu simbol yang cukup populer di nusantara.

2. Sebagai Bentuk Harapan untuk Bangsa Indonesia

Asal usul burung Garuda menjadi lambang negara Indonesia juga pada kejadian 10 Januari 1950. Saat itu, pemerintah RIS mendirikan panitia teknis yang bernama Lambang Negara. Kepanitiaan tersebut ada di bawah koordinator Sultan Hamid II.

Sedangkan, untuk ketuanya diserahkan pada Muhammad Yamin. Kemudian, Ki Hajar Dewantara, Mohammad Natsir, dan juga R.M. Ng. Purbatjaraka sebagai anggotanya. Akhirnya, panitia tersebut berhasil membuat 2 rancangan lambang negara.

Pertama, Sultan Hamid membuat sebuah rancangan burung Garuda yang memegang perisai, melambangkan lima sila dalam Pancasila. Sedang yang kedua, M. Yamin mengusulkan tema matahari terbit.

Usulan M. Yamin tidak terpilih karena dianggap sama dengan bendera Jepang di masa itu. Kemudian, usulan Sultan Hamid II akhirnya lebih dipertimbangkan. Apalagi Garuda juga lebih mencerminkan kondisi bangsa.

3. Pembebasan

Mitologi Garuda yang menggambarkan pembebasan rakyat dari penjajahan dan penindasan menjadi pertimbangannya. Hal itu karena mempunyai kesamaan dengan bangsa Indonesia yang memang ingin terbebas dari penjajahan.

Lalu, apa alasan lainnya kenapa burung Garuda dijadikan lambang negara Indonesia dan semuanya sepakat demikian? Hal itu karena berharap bangsa Indonesia dapat menjadi negara yang besar dan kuat seperti burung Garuda.

Setelah itu lambang burung Garuda pancasila mengalami beberapa perbaikan. Salah satunya adalah penambahan semboyan ‘Bhineka Tunggal Ika’. Selain itu, juga pada penyesuaian bentuk sampai menjadi seperti sekarang.

Tinggalkan komentar