Close

Kenapa Sepak Bola Indonesia Tidak Maju?

Sepak Bola merupakan salah satu olahraga populer di Indonesia. Namun, banyak yang menyayangkan kenapa sepak bola Indonesia tidak maju. Padahal cabang olahraga tersebut memiliki banyak peminat dari generasi sekarang.

Timnas Indonesia hanya mampu bertanding dalam Kawasan Asia Tenggara saja, bahkan menjadi Runner Up. Ternyata buruknya sepak bola Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Faktor-faktor tersebut akan diulas berikut ini.

Alasan Kenapa Sepak Bola Indonesia Tidak Maju

1. Tidak Adanya Bimbingan Usia Dini

Kenapa sepak bola Eropa sangat maju dan Indonesia tidak? Pasti banyak yang menanyakannya. Ternyata ada satu hal yang berbeda antara Eropa dan Indonesia. Di Eropa terdapat pembinaan sejak usia dini. Pasalnya, pembinaan usia dini sangat penting.

Di salah satu negara Eropa sudah menerapkan pembinaan usia dini sepak bola sejak umur 5 tahun. Meskipun pembinaan tersebut hanya mengajarkan gerakan dasar saja, yaitu menendang sepak bola.

Berbeda dengan Indonesia yang pembinaannya dimulai sejak umur 10 tahun, dan baru bisa bergabung dengan klub pada umur 15 tahun. Seandainya mengikuti jejak Eropa, pastinya sepak bola Indonesia bisa lebih maju.

2. Kurangnya Pelatih Lokal Berkualitas Alasan Kenapa Sepak Bola Tidak Maju

Perlu diketahui kalau ingin mendirikan sebuah klub membutuhkan pelatih dengan lisensi A. Penyebab inilah yang menjadi alasan kenapa sepak bola Brazil maju dan Indonesia tidak. Negara Brazil banyak memiliki pelatih yang berkualitas yang pastinya standarnya lebih tinggi dibandingkan Indonesia.

Pelatih lokal Indonesia masih banyak yang belum memiliki lisensi A. hal tersebut juga bisa mempengaruhi perkembangan sepak bola di Indonesia. Oleh karena itu, pihak PSSI berusaha menggelar kursus untuk pelatih AFC.

3. Target Sepak Bola Tidak Jelas

Faktor selanjutnya kenapa sepak bola Indonesia tidak maju adalah tidak mempunyai visi dan misi yang jelas untuk ke depannya. Tentu saja, semua itu bukan hal yang mustahil bagi Indonesia, jika petinggi sepak bola Indonesia bisa mempunyai target untuk masa depan.

4. Tanpa Restu Orang Tua

Tanpa izin orang tua juga bisa menjadi penyebab sepak bola tidak bisa maju. Melihat keadaan sepak bola Indonesia yang belum tertata rapi, tentunya banyak orang tua yang enggan anaknya memilih karir di bidang sepak bola.

Banyak juga orang tua yang menganggap kalau sepak bola hanya sekedar hobi saja dan bukan menjadi pekerjaan tetap. Bahkan gaji yang diterima juga bisa menjadi alasan supaya anak-anak dilarang masuk tim sepak bola.

Tinggalkan komentar