Close

Kenapa Jepang Datang ke Indonesia?

Indonesia adalah negara dengan aneka sumber daya alam. Banyak negara luar yang mengincar kekayaan alam ini termasuk negara Jepang. Hal ini dapat dilihat ketika Jepang menjajah negara Indonesia, mungkin sebagian dari Anda masih bertanya kenapa Jepang datang ke Indonesia.

Jepang ke Indonesia tentunya memiliki tujuan tersendiri bukan hanya sebuah jalan – jalan saja. Lantas apa saja tujuan jepang ke Indonesia? Berikut ini beberapa alasan dan tujuan jepang datang ke Indonesia.

Kenapa Jepang Datang ke Indonesia? Ini Alasannya!

⦁ Mencari Cadangan Logistik

Alasan pertama yang dijadikan Jepang pergi menuju Indonesia merupakan untuk mendapatkan cadangan bahan kebutuhan yang diperlukan untuk melakukan perang.

Karena kebutuhan perang Jepang semakin menipis, maka langsung menuju Indonesia untuk mendapatkan kebutuhan tersebut.

Jepang mendarat pertama kali di Kalimantan, karena di sini memiliki kekayaan alam yang cukup banyak.

Kebutuhan yang dibutuhkan Jepang diantaranya adalah kebutuhan makanan dan lebih khusus lagi adalah kebutuhan minyak untuk bahan bakar dan makan.

⦁ Merebut Wilayah Tarakan dari Belanda

Tujuan lainnya kenapa Jepang datang ke Indonesia adalah untuk merebut wilayah kekuasaan. Jepang yang sangat menginginkan kekayaan alam Kalimantan berusaha merebut dari belanda. Pemilihan wilayah Kalimantan terutama tarakan ini dikarenakan memiliki banyak sumber minyak bumi yang dapat dimanfaatkan berbagai hal.

Sebelum berusaha merebut wilayah Tarakan dari Belanda, tentunya Jepang sudah memiliki rancangan agar bisa merebut wilayah ini. Akhirnya terjadilah sebuah pertempuran mulai tanggal 11 hingga 12 januari 1942 untuk merebutkan Tarakan. Pada pertempuran ini dimenangkan oleh Jepang.

⦁ Menguasai Bahan Industri

Alasan terakhir kenapa Jepang datang ke Indonesia adalah untuk menguasai seluruh bahan industri yang terdapat di Indonesia. Bahan industri yang dibutuhkan Jepang sangatlah banyak, selain itu negara barat lainnya juga membutuhkan bahan industri ini.

Setelah sebelumnya berhasil menguasai Tarakan atas peperangan dengan Belanda, Jepang tidak tinggal diam. Mereka melanjutkan penjelajahan dan mengambil lebih banyak sumber daya yang ada di Kalimantan. Beberapa daerah yang dikuasai adalah Balikpapan, Pontianak, Samarinda, serta Banjarmasin.

Tinggalkan komentar