Close

Alasan Kenapa Bendera Indonesia Merah Putih

Salah satu alasan kenapa bendera Indonesia Merah Putih, karena pada tanggal 17 Agustus menjadi hari penting bagi bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan di atas penjajah. Bendera ini dijadikan sebagai simbol kenegaraan dan dikibarkan beserta pembacaan teks proklamasi.

Saat ini sudah 73 tahun momen bersejarah tersebut membawa Indonesia sebagai negara merdeka. Namun, pernahkah Anda berpikir mengapa Indonesia memilih warna merah dan putih untuk dijadikan bendera? Berikut ini sudah ada beberapa penjelasannya yang dapat Anda ketahui.

Alasan Kenapa Bendera Indonesia Merah Putih

1. Warna bendera Merah Putih Usul Soekarno

Berdasarkan pendapat dari Presiden Pertama Indonesia Soekarno, warna merah dan putih lebih kental dengan makna filosofis yang terkenal sebagai rakyat Nusantara sejak ribuan tahun lalu.

Warna-warna tersebut tidak hanya diputuskan sebagai Revolusi. Namun, warna-warna ini berasal dari awal penciptaan manusia. Apalagi darah seorang wanita berwarna merah.

Sedangkan, sperma seorang laki-laki berwarna putih. Sementara itu, Matahari berwarna merah dan bulan berwarna putih.

2. Merah Lambang Keberanian, Putih Kesucian

Berdasarkan pendapat dari Soekarno, tanah di Nusantara memang berwarna merah, sementara itu getah tumbuhan berwarna putih. Alasan kenapa bendera Indonesia Merah Putih, karena orang Jawa sudah menyajikan bubur merah putih selama ratusan tahun.

Merah dapat dijadikan sebagai lambang keberanian, sedangkan Putih dijadikan lambang kesucian. Bendera inj sudah ada sejak 6.000 tahun yang lalu.

3. Bendera Merah Putih dari Kain Sprei

Pada tanggal 16 Agustus 1945, istri dari Soekarno, Fatmawati, telah menyiapkan kain yang bagus untuk bendera merah putih. Namun, kain ini begitu kecil karena panjangnya hanya sekitar 50 sentimeter.

Dikarenakan waktu yang mepet, Bu Fatmawati pun memutuskan untuk mencari kain yang ada di lemari. Tidak lama kemudian, akhirnya beliau menemukan kain putih dari kain sprei.

Sementara itu, kain merah ia dapatkan  dari seorang pemuda yang bernama Lukas Kustaryo dibeli dari penjual soto. Dari sinilah bermula munculnya kain merah putih yang dijadikan sebagai bendera. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa bendera Indonesia Merah Putih.

Tinggalkan komentar