Close

Alasan Kenapa Belanda Menjajah Indonesia

Sejak abad ke-16, bangsa-bangsa Eropa seperti Portugis, Belanda, Spanyol, dan Inggris, mulai berlayar ke wilayah timur. Salah satu tujuannya untuk mencari rempah-rempah. Lantas, kenapa belanda menjajah indonesia?

Berdasarkan dari pelayaran tersebut, mereka sampai ke Indonesia dengan menikmati kekayaan alam yang melimpah. Mulanya mereka hanya berdagang, namun keserakahan mulai muncul dan timbul keinginan untuk menguasai nusantara.

Alasan Kenapa Belanda Menjajah Indonesia

⦁ Belanda Dapat Mengusir Bangsa Eropa Lainnya

Sejak tahun 1596, Belanda di bawah pimpinan Cornelis de Houtman pertama kali mendarat di Banten. Pada saat itu, banyak bangsa asing yang melakukan perdagangan di Indonesia. Bahkan, sebagian besar kerajaan sudah terikat perjanjian perdagangan dengan Portugis dan Spanyol.

Kedatangan dari Belanda ini dimanfaatkan oleh kerajaan untuk melepaskan diri dari Portugis. Kesempatan seperti ini tentu saja digunakan oleh Belanda dengan sebaik-baiknya.

Belanda handal mengusir bangsa Eropa lainnya dari Indonesia. Singkat cerita Spanyol memilih menjajah Kepulauan Filipina, Portugis menyingkir untuk menguasai Timor Timur, dan Inggris menjajah Malaysia.

Bantuan Belanda ini sebenarnya tidak gratis, upah yang diminta adalah kebebasan untuk berdagang di nusantara. Lambat laun, Belanda malah mulai membentuk kongsi dagang VOC dan melakukan monopoli perdagangan di Indonesia.

Agar bisa mempertahankan kekuasaannya, Belanda juga membuat beberapa kebijakan. Salah satunya, kerja rodi dan sistem tanam paksa yang tentu saja membuat rakyat Indonesia semakin menderita.

⦁ Belanda melakukan politik adu domba

Kekuasaan Belanda yang ada di Indonesia bisa bertahan sangat lama karena politik kejamnya, yakni politik adu domba atau devide et impera. Sejak masa penjajahan Belanda, sering terjadi peperangan antar kerajaan di nusantara.

Kemudian, Belanda malah memainkan licik dengan mengadu domba raja-raja yang sudah ada di daerah. Sehingga mereka malah terhasut dan terjadilah perang saudara untuk memperebutkan takhta.

Sesudah terjadi keributan di keluarga kerajaan, Belanda pun datang memberi bantuan. Pengalaman seperti ini telah membuktikan bahwa kerajaan yang dibantu oleh Belanda bisa langsung memenangkan peperangan.

Namun, setiap bantuan tentu saja diikuti dengan upah, yakni sebagian wilayah kerajaan yang dikalahkan. Melalui adanya politik adu domba, Belanda bisa mendapatkan dua keuntungan, yakni wilayah untuk dikuasai dan raja yang dibantu menjadi kaki tangannya.

Cara seperti ini menjadikan Belanda bisa menguasai sebagian besar wilayah di nusantara dalam waktu yang sangat lama. Itu saja beberapa alasan kenapa belanda menjajah indonesia.

Tinggalkan komentar