Close

Alasan Kenapa di Lampung Banyak Orang Jawa

Provinsi Lampung terletak tepat di ujung selatan Pulau Sumatera. Meskipun letaknya berada di pulau Sumatera, namun Lampung lebih banyak dihuni oleh suku Jawa. Inilah yang menjadi alasan kenapa di Lampung banyak orang Jawa.

Bahkan, Masyarakat Lampung menggunakan bahasa Jawa dalam keseharian. Adanya orang Jawa di Lampung berhubungan dengan transmigrasi dari Jawa ke Lampung.

Alasan Kenapa di Lampung Banyak Orang Jawa

1. Adanya Transmigrasi

Transmigrasi pertama terjadi pada tahun 1905, saat itu masa Hindia Belanda yang dikenal kolonisatie. Lampung didatangi oleh penduduk dari Bagelen, sekarang menjadi kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Sebanyak 155 kepala keluarga (KK) ditempatkan di Gedong Tataan, sekarang ibu kota Kabupaten Pesawaran.

2. Bahasa Jawa di Lampung

Alasan kenapa di Lampung banyak orang Jawa., Karena  Masyarakat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jawa. Namun, kebanyakan orang Jawa malah berbicara menggunakan bahasa Indonesia.

Berdasarkan Jurnal yang berjudul “Pemakaian Bahasa Jawa di Provinsi Lampung Berdasar Data Sensus Penduduk 2010” karya Suyanto dan Mujid FA. Beliau telah mengatakan bahwa pemakaian bahasa Jawa di Lampung termasuk penggunaan bahasa Jawa terbesar ketiga setelah Jawa Tengah dan Jawa timur.

Sementara itu, hal ini dikarenakan adanya migrasi penduduk dari Jawa ke beberapa wilayah. Bahkan, salah satunya Lampung yang menyebabkan bahasa Jawa semakin berkembang di daerah lain.

3. Bahasa Etnis

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa etnis yang telah mendiami wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, kecuali Madura. Hal inilah yang menjadi alasan bahasa Jawa cukup terkenal di Lampung.

Jadi dapat dikatakan bahwa bahasa Jawa ini memiliki peranan yang cukup penting di Lampung. Sehingga Masyarakat Lampung lebih paham dengan bahasanya.

4. Budaya Jawa di Lampung

Budaya Jawa sendiri saat ini masih dilakukan di daerah migrasi, tidak terkecuali Lampung. Budaya ini juga masih digunakan oleh orang Jawa di Lampung.

Misalnya saja seperti ruwat laut, suronan (memperingati tahun baru Islam). Bahkan, masih banyak budaya Jawa lainnya yang sudah dipahami oleh Masyarakat Lampung. Inilah yang menjadi alasan kenapa di Lampung banyak orang Jawa.

Tinggalkan komentar