Close

Alasan Kenapa Orang Jawa Ditakuti

Tidak dapat dipungkiri, lahir di Pulau Jawa dan hidup sebagai Suku Jawa di Indonesia adalah suatu privilege tersendiri. Pulau Jawa memang tidak memiliki pesisir seindah Papua atau Bali, dan hutan hujan tropis seperti Kalimantan. Namun, ada berbagai alasan kenapa orang Jawa ditakuti

Pulau Jawa menjadi pusat peradaban di Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya infrastruktur dan fasilitas yang telah tersedia.

Alasan Kenapa Orang Jawa Ditakuti

1. Pembangunan  Tidak Merata

Pembangunan yang terjadi di Indonesia tidak merata, terlihat ketimpangan antara Pulau Jawa dengan daerah lain. Jadi tidak heran bila orang jawa seringkali mendapatkan stigma negatif dari masyarakat etnis lain di luar Pulau Jawa.

Bahkan, banyak yang iri karena merasa seperti anak tiri di negerinya sendiri. Selain itu, adanya migran dari Jawa yang lebih sukses dalam menjalankan usaha di tanah rantau ketimbang masyarakat lokal.

2. Kecemburuan Sosial

Adanya kecemburuan sosial seperti tidak dapat disalahkan karena itulah kejadian yang sebenarnya. Pembangunan infrastruktur serta fasilitas publik yang masif di Pulau Jawa berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di luar Jawa.

3. Pusat Pemerintahan

Alasan pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur dan fasilitas publik di Pulau Jawa, karena menjadi pusat pemerintahan. Pulau Jawa memang dianggap sebagai representasi Indonesia, sehingga memiliki kota metropolitan seperti Jakarta, Bandung, serta Surabaya.

4. Alam Melimpah

Walaupun alam di luar Jawa melimpah dengan hasil hutan dan tambang. Namun realitanya masyarakat lokal masih tidak bisa merasakan.

Ini juga yang menjadi alasan kenapa orang Jawa ditakuti. Hidup yang dijalankan sangat sederhana meski di tanah yang makmur.

Banyak juga yang menganggap bahwa muara dari hasil bumi berada di Pulau Jawa. Hal ini karena menjadi pusat perekonomian dan bisnis ada di Pulau Jawa.

5. Biaya Hidup Murah

Faktanya, hidup di Jawa memang lebih enak, dan tidak terelakkan lagi. Biaya hidupnya jauh lebih rendah, akses yang mudah, dan dekat dengan fasilitas pelayanan publik.

Jadi tidak heran bila masyarakat luar Jawa banyak yang merasa iri. Sementara itu,  beras dan kebutuhan pokok di luar pulau Jawa memang jauh lebih mahal karena tingginya biaya distribusi.

Bahkan, permasalahan infrastruktur dan fasilitas publik yang tidak memadai. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa orang Jawa ditakuti.

Tinggalkan komentar