Close

Mengapa Kita Tidak Boleh Membeda-Bedakan Teman? 

Mengapa kita tidak boleh membeda-bedakan teman dalam pergaulan? Meski jawabannya sudah terlalu familiar, tetapi masih saja ada orang yang menjalankan hal tersebut dalam keseharian.

Mirisnya, sang pelaku bukan lagi anak-anak yang sedang dalam masa pembelajaran. Namun, justru orang dewasa yang sudah mempunyai pola pikir lebih matang dan mapan secara mental.

Mengapa Kita Tidak Boleh Membeda-Bedakan Teman?

Hal ini cukup disayangkan, karena pembedaan tersebut sebenarnya justru akan merugikan diri sendiri. Berikut adalah beberapa alasan kita tidak boleh membeda-bedakan teman:

1. Beda Itu Bukan Dosa

Setiap orang terlahir dengan bawaan dan keunikan masing-masing, baik dari segi fisik, kemampuan, maupun karakter. Kondisi ini merupakan pemberian Tuhan yang patut untuk disyukuri.

Ingat, no body’s perfect. Kekurangan bukan hanya milik teman yang kita bedakan, tetapi semua manusia. Justru mungkin, teman tersebut mempunyai kelebihan yang tidak kita ketahui.

2. Hidup Kurang Seru

Anggap saja, perbedaan adalah warna. Jika hidup terlalu fokus dengan orang-orang itu saja, maka kita akan kehilangan banyak warna. Memang, ada masa perbedaan akan memicu konflik dan pertentangan. 

Namun, justru dari hal-hal seperti ini kita akan mendapatkan kedewasaan. Bergaul dengan seseorang yang berbeda frekuensi dan pola pikir, kita akan memperoleh sudut pandang lain dalam menyelesaikan masalah.

3. Gampang Berpikiran Negatif

Seseorang yang terbiasa membeda-bedakan, cenderung lebih fokus pada kekurangan teman. Tanpa disadari, kebiasaan ini bisa membentuk pola pikir negatif atau prasangka buruk yang juga tidak baik untuk hati dan mental.

4. Lingkaran Pergaulan Menyempit

Di dunia ini, tidak banyak orang yang benar-benar memiliki kesamaan atau sefrekuensi. Oleh karena itu, kebiasaan untuk membeda bedakan dalam berteman hanya akan membuat lingkaran pergaulan kita semakin menyempit.

Akibatnya, saat kita mengalami kemalangan akan terasa sulit untuk mencari bantuan. Begitu juga saat mengalami keberuntungan, hanya sedikit orang yang bisa kita ajak untuk berbagi dan tertawa bersama.

5. Sulit Beradaptasi

Alasan tentang mengapa kita tidak boleh membeda-bedakan dalam bergaul adalah kesulitan untuk beradaptasi. Tidak ada jaminan kita akan selalu berada di zona nyaman dan lingkungan yang sefrekuensi.

Ada saat dimana kita harus bisa berbaur dengan beragam karakter, seperti di dalam organisasi atau pekerjaan. Tanpa membangun habit sejak awal, kita akan kesulitan untuk memahami orang lain.

Kelima alasan di atas rasanya sudah cukup untuk menjawab pertanyaan mengapa kita tidak boleh membeda-bedakan teman. Mari kita ubah pola pikir dan kebiasaan, karena setiap manusia adalah ciptaan Tuhan.

Tinggalkan komentar