Close

Kenapa di Indonesia Tidak Ada Salju?

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti bertanya-tanya kenapa di indonesia tidak ada salju? Dulu waktu kecil pasti Anda pernah membayangkan, jika di dekat rumah bisa turun salju.

Rasanya pasti akan sangat menyenangkan, bila bisa membuat boneka salju, atau bermain seluncur di salju. Namun, di Indonesia sendiri sayangnya tidak turun salju.

Kenapa di Indonesia Tidak Ada Salju?

1. Iklim Tropis

Iklim tropis terletak tepat di antara garis 23,5° lintang utara – 23,5° lintang selatan. Negara yang makan mengalami iklim ini adalah, India, Arab Saudi, Amerika Tengah, Asia Tenggara, dan lainnya.

2. Iklim Subtropis

Iklim subtropis terletak tepat pada garis 23,5° – 40° lintang utara hingga 23,5° – 40° lintang selatan. Negara yang memiliki iklim subtropis seperti Iran, Irak, Tiongkok, Korea Selatan, Afrika Selatan, dan lainnya.

3. Iklim Sedang

Iklim sedang terletak pada garis 40° – 60° lintang utara hingga 40° – 60° lintang selatan. Negara yang memiliki iklim sedang yakni Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dan lainnya.

4. Iklim Dingin

Iklim dingin terletak pada atas garis 60° lintang utara dan lintang selatan. Negara yang memiliki iklim dingin seperti Denmark, Swedia, Finlandia, Kanada, Alaska, dan Rusia bagian utara.

Indonesia saat ini masuk pada iklim tropis, dan hanya mempunyai dua musim, yaitu panas dan musim hujan. Ditambah lagi indonesia hanya berada di garis khatulistiwa.

Sehingga membuat negara Indonesia, lebih sering terpapar sinar matahari, dibandingkan negara lain. Namun, ada satu wilayah di Indonesia yang telah diselimuti salju, yaitu puncak Jayawijaya di Papua.

Tinggalkan komentar