Close

Alasan Kenapa Indonesia Tidak Menyerang Israel

Telah sejak lama, Israel mempunyai angkatan bersenjata (IDF) yang digadang-gadang sebagai salah satu pasukan. Dimana kapabilitas tempur yang mumpuni di dunia, dan beberapa catatan kejayaan di medan pertempuran. Lantas, kenapa indonesia tidak menyerang israel?

Seluruh kombinasi yang dimiliki oleh Israel menjadikanya sebagai salah satu militer dengan stok persenjataan paling berteknologi maju. Bahkan, memiliki seperangkat pasukan tempur paling efektif di dunia.

Alasan Kenapa Indonesia Tidak Menyerang Israel

1. Tank Merkava

Tank Merkava merupakan salah satu alutsista tempur darat IDF sejak tahun 1979. Benda ini menggantikan tank asing yang dimodifikasi dari Inggris dan AS, dimana telah digunakan orang Israel sejak 1948.

Desain serta konstruksi Merkava berasal dari dalam negeri untuk menghindari masalah pasokan suku cadang dari negara asing yang tidak stabil. Tidak hanya itu saja, inisiatif ini turut membantu Israel untuk fokus agar setiap suku cadang dan desain bisa dioptimalkan sesuai lingkungan.

2. Jet Tempur F-15I Thunder

Angkatan Udara Israel (IAF) juga sudah memodifikasi sendiri dan menerbangkan varian F-15 produksi Amerika Serikat sejak tahun 1970-an. Bahkan, juga telah menjadi pengguna jet berjulukan ‘Eagle’ yang paling serbaguna dan efektif di dunia.

Versi Israel sendiri untuk jet tempur ini bernama resmi F-15I Thunder. Sementara itu, juga dioperasikan oleh pilot elite, F-15 Is (dijuluki “guntur”) dari IAAF yang merupakan salah satu skuadron pesawat paling mematikan di Timur Tengah.

3. Rudal Nuklir Jericho III

Rudal balistik Jericho I saat ini mulai beroperasi pada awal tahun 1970an. Namun, pada akhirnya digantikan oleh Jericho II dan Jericho III pada tahun-tahun berikutnya.

Jericho III merupakan salah satu rudal balistik paling canggih di kawasan Timur Tengah. Dimana mampu menyerang sasaran tidak hanya di Timur Tengah, namun berpotensi ke seluruh Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Sementara itu, tidak satupun teknologi yang ada di atas bekerja kecuali memiliki operator yang cerdas, berdedikasi, terlatih untuk membuatnya berfungsi maksimal. Itu saja beberapa alasan kenapa indonesia tidak menyerang israel.

Tinggalkan komentar