Close

Alasan Kenapa Komunisme Dilarang di Indonesia

Kenapa komunis dilarang di indonesia pertanyaan ini sering muncul. Agar bisa menjawabnya, simak penjelasan informasi ini.

Komunisme adalah ideologi, pandangan filsafat, serta tindakan politik. Dimana bida menciptakan tatanan sosial ekonomi berdasarkan kepemilikan serta alat produksi.

Alasan Kenapca Komunisme Dilarang di Indonesia

1. Ketetapan dalam MPRS

Kenapa komunis dilarang di indonesia karena adanya TAP MPRS Nomor XXV Tahun 1966 terkait pembubaran PKI. Adanya pernyataan Sebagai Organisasi Terlarang di Seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia bagi Partai Komunis Indonesia.

Behkan, adanya Larangan Setiap Kegiatan untuk Menyebarkan atau Mengembangkan Paham atau Ajaran Komunis/Marxisme-Leninisme. Pelarangan ini telah diputuskan oleh Soeharto setelah ia mengambil alih kekuasaan melalui Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar).

TAP MPRS Nomor XXV/1966 sudah lama ditetapkan oleh Ketua MPRS Jenderal TNI AH Nasution sejak 5 Juli 1966. Soekarno juga menolak untuk menyalahkan pembubaran PKI atas G30S kendati diprotes keras oleh masyarakat.

2. Komunisme Dianggap Bertentangan dengan Sila Ketuhanan

Sila pertama yang ada pada Pancasila yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” memiliki arti bahwa negara Indonesia memegang teguh kepercayaan terhadap Tuhan dan menolak paham anti-Tuhan. Apabila dilihat dari dasar komunisme murni menganggap agama sebagai candu belaka, hal ini tentunya akan bertentangan dengan sila ketuhanan.

Namun, sejak awal kemunculannya di Indonesia, komunisme tidak akan menerapkan ateisme. Sementara itu, para tokoh PKI sebenarnya sangat religious, seperti DN Aidit yang rajin mengaji dan Amir Sjarifuddin merupakan seorang Kristen paling taat.

3. Komunisme Dianggap Membunuh Hak Asasi Manusia

Sebagian besar tokoh PKI memang melakukan beberapa tindakan radikal. Diamna sudah menghilangkan nyawa orang lain seperti pembunuhan Gubernur Jawa Timur Ario Soerjo pada Peristiwa Madiun 1948.

Namun, komunisme yang masuk ke Indonesia sudah ada sebelum kemerdekaan sebenarnya tidak membenarkan kekerasan sebagai jalan utama oleh penganutnya.

Maka, dapat dikatakan tidak sepenuhnya komunisme Indonesia mengabaikan hak dari asasi manusia. Sementara itu G30S, rencana awalnya bukan untuk membunuh, namun menculik untuk dihadapkan ke Soekarno.

Pelaku dan pihak yang sudah bertanggung jawab terhadap G30S yaitu tentara. ini yang menjadi kenapa komunis dilarang di indonesia.

Tinggalkan komentar