Close

Alasan Kenapa di Singapura Tidak Boleh Makan Permen Karet

Bagi Anda yang ingin pergi ke Singapura, perhatikan hal penting ini. Anda harus mengetahui alasan kenapa di singapura tidak boleh makan permen karet.

Pemerintah di negeri Singa ini ternyata membuat larangan untuk menjual dan mengkonsumsi permen karet. Peraturan unik seperti ini sudah diberlakukan sejak tahun 1992, kira-kira apa saja alasannya?

Alasan Kenapa di Singapura Tidak Boleh Makan Permen Karet

⦁ Peraturan untuk Kebersihan

Ternyata sosok yang membuat peraturan ini adalah Lee Kuan Yew termasuk perdana menteri pertama di Singapura. Sejak tahun 1980-an, Lee Kuan Yew telah membahas terkait pelarangan permen karet ini.

Di masa ini, terdapat aturan yang mengatur iklan permen karet di televisi. Bahkan, selama bertahun-tahun, negara Singapura harus menghabiskan biaya besar untuk membersihkan sampah sisa permen karet.

Setiap tahunnya, pemerintah Singapura telah menyediakan dana kebersihan sekitar 150.000 dollar Singapura untuk masalah tersebut. Jika dirupiahkan di masa sekarang, jumlah ini bisa lebih dari 1 milyar, lho.

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahaya saat makan permen karet, Anda tidak bisa menelannya dan harus dibuang setelah dikunyah-kunyah. Namun, sayangnya, banyak orang yang suka membuang sisa permen karet di tempat umum. Contohnya saja seperti di pinggir jalan atau transportasi umum.

⦁ Ulah Pembuang Sisa Permen Karet

Pada awalnya, perdana menteri Lee Kuan Yew belum melarang permen karet. Namun, memberikan denda bagi orang yang ketahuan mengulangi membuang sisa permen karet di tempat umum.

Sampai pada akhirnya Singapura mulai memiliki sistem transportasi Mass Rapid Transit atau MRT di akhir tahun 1980-an. Adanya transportasi ini malah mengubah banyak hal di Singapura menjadi negara yang semakin maju dan modern.

Bahkan, ada pula ulah pembuang sisa permen karet yang menempelkan sisa permen karetnya di sensor pintu kereta MRT. Pada akhirnya, pintu tersebut menjadi rusak.

Akibatnya, layanan kereta ini juga dihentikan untuk sementara waktu. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa di singapura tidak boleh makan permen karet karena banyak merugikan orang.

⦁ Pelarangan Permen Karet

Larangan dalam menjual dan mengkonsumsi permen karet ini akhirnya telah diresmikan oleh presiden Singapura tahun 1992, Goh Chok Tong. Bahkan, sejak peraturan ini berlaku, ada denda bagi pedagang yang menjual permen karet.

Dampaknya, saat ini Singapura menjadi lebih bersih dari sampah sisa permen karet yang mengganggu. Meskipun larangan ini sangat ketat, masih saja ada permen karet yang boleh dijual dan dikonsumsi dengan syarat tertentu, lho.

Bahkan, pada tahun 2004, pemerintah Singapura telah memperbolehkan penjualan permen karet untuk kesehatan. Contohnya saja seperti permen karet untuk kesehatan gigi.

Jika Anda suka makan permen karet, selalu ingat untuk membuangnya dengan benar di tempat sampah. Jangan sampai alasan kenapa di singapura tidak boleh makan permen karet dibuat juga di Indonesia.

Tinggalkan komentar