Close

Kenapa Wayang Kulit Ada di Malaysia?

Belum lama ini, netizen Indonesia heboh dengan Adidas yang menyebutkan budaya wayang berasal dari Malaysia. Adidas menulis halkan bahwa akan merilis produk koleksi terbaru yang bertema wayang kulit melalui Instagram @adidassg. Lantas, kenapa wayang kulit ada di Malaysia?

Anggapan seperti ini tidak hanya terjadi kali ini saja. Hal ini sering terjadi pada budaya Indonesia yang diklaim berasal dari Malaysia seperti batik, reog, dan tari-tarian.

Alasan Kenapa Wayang Kulit Ada di Malaysia

1. Wayang Indonesia Menyebar ke Malaysia hingga Thailand

Jika dilihat dari catatan Jendela Kemendikbud, wayang kulit Indonesia dikenal sejak 1500 SM dan berkembang ke berbagai negara di Asia Tenggara. Misalnya saja seperti Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Filipina.

Pada saat itu, wayang mempunyai fungsi sebagai medium untuk mendatangkan arwah leluhur. Kepercayaan terhadap arwah para leluhur malah berkorelasi dengan sistem kepercayaan masyarakat Jawa zaman prasejarah.

Hal ini juga dilakukan masyarakat dengan melakukan ritual penyembahan terhadap arwah leluhur atau nenek moyang. Bahkan, ada kepercayaan kepada hyang, berikutnya dinamakan pergelaran wayang.

Proses seperti ini merupakan cikal-bakal dari sejarah wayang yang berasal dari kata hyang. Selanjutnya, dikenal sebagai wayang dan syaman adalah dalang.

2. Wayang Sangat Dikenal di Malaysia

Akademisi dari Bahasa dan Sastra Jawa, Rudy Wiratama telah mengatakan, bahwa Malaysia mempunyai tiga jenis wayang yang dikenal. Dimana seperti Wayang Jawa, dan Wayang Purwa dari Jawa, dan Wayang Siam yang berasal dari Thailand.

Berdasarkan, dalang kenalan Rudy yang bermukim di Kelantan. Kenapa wayang kulit ada di Malaysia awalnya sudah dibawa orang Jawa sekitar abad ke-19.

Hal ini semakin diperkuat dengan penelitian yang dilakukan George Quinn pakar sastra dan budaya Jaya dari Australian National University. Dimana sudah mengatakan gelombang migrasi orang Jawa ke Malaysia pada abad ke-19 dan ke-20.

Tidak hanya itu saja, ada juga wayang Purwa di Johor. Wayang ini aslinya dari Jawa karena terdapat pengaruh gelombang kedua orang Jawa yang dibawa ke sana untuk kuli.

3. UNESCO Mengakui Wayang Kulit Indonesia

Meskipun ditemukan di beberapa negara termasuk kenapa wayang kulit ada di Malaysia. Namun, UNESCO sudah mengakui bahwa wayang kulit sebagai warisan budaya Indonesia pada 7 November 2003.

Tinggalkan komentar