Close

Kenapa Malaysia disebut Negeri Jiran?

Malaysia, budaya Malay, Tiongkok, setya India sangat kental akan budayanya. Di Indonesia, sering menyebut Malaysia sebagai ‘Negeri Jiran’.  Hal ini berarti adalah negara tetangga yang berdekatan. Lantas, kenapa Malaysia disebut negeri Jiran?

Salah satu alasannya karena Malaysia jaraknya paling dekat dengan Indonesia bila dibandingkan dengan negara lain. Selanjutnya, negara ini juga dikenal sebagai negeri suku Melayu.

Alasan Kenapa Malaysia disebut negeri Jiran

1. Wilayah Dekat dengan Indonesia

Malaysia memang merupakan salah satu negara tetangga Indonesia. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya istilah jiran berarti ‘dekat dengan rumah’ atau ‘tetangga’. Jadi, julukan ini disematkan karena Malaysia memang tetangga yang wilayahnya berada sangat dekat dengan Indonesia.

Kenapa Malaysia disebut negeri Jiran? Malaysia termasuk salah satu negara yang letak teritorialnya sangat dekat dengan Indonesia di antara negara-negara lain di Asia Tenggara. Bahkan, Malaysia berbagi satu daratan dengan salah satu pulau di Indonesia yaitu Kalimantan.

2. Negara Monarki

Pada umumnya, Malaysia merupakan negara berbentuk monarki konstitusional federal yang terdiri dari 13 wilayah negara bagian dan 3 wilayah federal. Sementara itu, 13 wilayah negara bagian di Malaysia antara lain Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Selangor, Pulau Pinang serta Terengganu.

Sedangkan 3 wilayah federal atau wilayah persekutuannya yakni Kuala Lumpur, Putrajaya, dan Labuan. Dimana hanya terletak di Borneo atau Pulau Kalimantan.

3. Mayoritas Penduduknya Islam dan Jajahan Inggris

Sama seperti Indonesia, Bangsa Malaysia, begitu sebutan bagi penduduk Malaysia, banyak menganut agama Islam. Sementara itu, Malaysia juga dijajah oleh Inggris atau Britania.

Pada tahun 1786, Britania Raya mulai melancarkan aksinya dengan melakukan penyewaan pulau Penang untuk Perusahaan Hindia Timur Britania. Sampai pada tahun 1824, tersusunlah Traktat London atau Perjanjian Britania-Belanda yang sepakat bahwa Malaya adalah milik Britania, dan Indonesia adalah milik Belanda.

4. Lagu Nasional

Lagu Nasional yang dimiliki oleh Malaysia berjudul Negaraku, merupakan saduran dari lagu Perancis berjudul’ La Rosalie. Untuk melodi dan nada lagu Negaraku sudah diadaptasi dari lagu I Shall Return karya Anne Shelton.

5. Gelar “Tun”

Tun, merupakan salah satu gelar tertinggi di negeri jiran Malaysia. Gelar Tun hanya bisa langsung diberikan oleh Yang Di-Pertuan Agung atau setaraf dengan Lord di United Kingdom.

Penerima dari gelar ini tidak lebih 25 orang saja. Namun, warga Malaysia yang bisa menerima gelar ini. Beberapa, penerima gelar ini adalah orang -orang yang pernah memimpin negara.

6. Bahasa

Selain menggunakan bahasa Melayu, ternyata masyarakat Malaysia sangat fasih berbahasa Inggris. Bahkan, terkadang mereka mencampurkan keduanya. Inilah yang menjadi alasan kenapa Malaysia disebut negeri Jiran.

Baca juga konten terkait di Tanjung Pinang Pos

  1. Kenapa Indonesia dibagi Menjadi 3 Waktu
  2. Mengapa Google Pixel Tidak Masuk Indonesia
  3. Apakah di Indonesia Banyak Barang KW
  4. Alasan Basket Kurang Populer di Indonesia

Tinggalkan komentar