Close

3 Alasan Kenapa Indonesia dibagi Menjadi 3 Waktu

Indonesia termasuk salah satu negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas. Wilayah yang begitu luas ini secara otomatis juga mempunyai bentangan garis bujur yang sangat panjang. Lantas, kenapa Indonesia dibagi menjadi 3 waktu?

Secara Geografis, Indonesia terletak diantara 95° hingga 141° bujur timur.  Begitu panjangnya bentangan garis bujur, hal ini membuat wilayah Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu.

Kenapa Indonesia Dibagi Menjadi 3 Waktu?

1. Efek Rotasi Bumi

Waktu antar negara di dunia ini sebenarnya memang berbeda-beda karena efek dari rotasi Bumi. Sementara itu, pembagian dari waktu antar negara juga diatur oleh zona waktu.

Pembagian zona waktu yang terjadi antar negara mengacu pada GMT (Greenwich Mean Time). Greenwich termasuk salah satu kota di negara Inggris dimana disinilah garis bujur 0° yang menjadi patokan penentuan waktu dunia.

2. Memiliki Konsep

Konsep dari pembagian waktu GMT secara umum ada dua. Pertama, negara yang sudah ada wilayah barat Greenwich maka waktu GMT-nya negatif.

Namun, jika negara tersebut masih berada di wilayah timur Greenwich maka mempunyai waktu GMT yang positif. Indonesia termasuk wilayah yang berada di timur Inggris maka secara otomatis GMT-nya positif.

3. Pembagian Waktu di Indonesia

Kenapa Indonesia dibagi menjadi 3 waktu? Secara umum, penentuan waktu di suatu tempat didasari pada posisi garis bujur geografis. Sementara itu, adanya garis lintang lebih tepat digunakan untuk mengukur lamanya durasi siang atau matahari bersinar di lokasi tersebut.

Jadi dalam satu hari, matahari akan berputar pada porosnya selama 23 jam 56 menit kemudian dibulatkan menjadi 24 jam. Perputaran ini yang menyebabkan matahari berada pada posisi celestial sphere dan membentuk satu lingkaran penuh.

Apalagi jika dilihat, hanya ada satu lingkaran penuh adalah 360° dan ditempuh dalam 24 jam, maka 1 jam sama dengan 15°. Selanjutnya, setiap panjang dari garis bujur 15° akan ditetapkan sebagai zona waktu tersendiri dengan rumus GMT waktu area tersebut.

Oleh sebab itu, wilayah Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu karena mempunyai panjang garis bujur 44°. Selanjutnya, total yang berasal dari panjang garis bujur tersebut (44°) terbagi konversi satu jam ke dalam satuan derajat (15°).

Hasil perhitungan ini hanya sebesar 2,93 dan bisa dibulatkan menjadi 3. Jadi, panjang waktu seluruh Indonesia adalah 3 jam.

Dasar-dasar inilah yang membuat wilayah Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu, yaitu WIB, WITA dan WIT. Ini juga yang menjadi alasan Indonesia dibagi menjadi 3 waktu.

Tinggalkan komentar