Close

Kenapa di Indonesia Banyak Barang KW?

Sesudah munculnya beras plastik dan barang semacamnya di Indonesia, banyak asumsi yang mengatakan bahwa Indonesia cukup sering menjadi barang dan komoditi palsu. Lantas, kenapa di indonesia banyak barang kw?

Ada beberapa fakta menarik yang bisa Anda ketahui tentang barang KW di negara Indonesia. Berikut ini sudah ada beberapa fakta larisnya barang tiruan yang merajalela di Indonesia.

Alasan Kenapa di Indonesia Banyak Barang KW

1. Harga Lebih Murah

Kenapa di indonesia banyak barang kw? Sebagian besar produk tiruan dikenal sebagai KW karena merajai pasar Indonesia. Dengan harga yang begitu murah meriah bagi kalangan menengah ke bawah, akan memberikan keuntungan bagi pembeli yang uangnya pas-pasan.

Meski tidak dapat membeli barang asli, barang KW dapat memenuhi keperluan si pembeli. Bahkan, bentuknya tidak beda jauh dengan yang asli.

Uniknya lagi, sebetulnya barang KW yang laris di pasaran ini lebih ke arah gaya hidup semata. Contohnya saja sepe ponsel KW, sepatu KW dan sebagainya.

Meskipun sudah tahu harga produk KW murah biasanya diikuti kualitas yang lebih rendah. Bahkan, barang-barang ini tetap lebih laris daripada produk aslinya di pasaran.

2. Peraturan Lengkap

Memang jual beli produk luar berada di bawah tanggung jawab oleh bea dan cukai. Namun sebagian besar barang malah masuk secara ilegal ke dalam Indonesia.

Tidak tahu bagaimana caranya, pelabuhan kecil dapat menjadi pasar perdagangan ilegal dari beberapa negara. Peraturan yang lengah dari pemerintah ini, menjadi salah satu faktor barang tiruan marak di Indonesia.

Sementara itu, banyak barang yang sengaja dimasukkan ke dalam barang legal lainnya sehingga tidak terlihat barang KW. Meski kurang pemeriksaan, jadi barang ini mudah masuk ke dalam pasar Indonesia.

3. Konsumtifnya Warga Indonesia

Tidak hanya salah pemerintah yang lengah dengan transaksi jual beli luar, namun masyarakat juga menjadi alasan semakin banyak barang yang masuk ke pasar Indonesia. Bukan hal yang baru, nila masyarakat kita lebih bersikap konsumtif daripada produktif.

Bahkan, perilaku konsumtifnya masyarakat ini menjadi salah satu alasan semakin menjamurnya produk KW. Hal ini karena permintaan pun makin banyak di pasaran.

Meskipun banyak barang tiruan yang beredar di pasar Indonesia, suatu saat barang ini akan dihilangkan. Jadi alasan kenapa di indonesia banyak barang kw sudah tidak ada lagi.

Tinggalkan komentar