Close

3 Alasan Kenapa Basket Kurang Populer di Indonesia

Kurangnya promosi sampai dianggap sebagai olahraga yang merakyat merupakan alasan kenapa basket kurang populer di Indonesia. Namun, basket ini tidak kalah saing dengan olahraga populer lainnya.

Selain alasan diatas ternyata ada beberapa hal lainnya. Informasi dibawah ini akan menjelaskan kenapa basket tidak terlalu populer.

Alasan Kenapa Basket Kurang Populer di Indonesia

1. Kurang Promosi

Kini cabang olahraga basket memang masih ada dalam pendidikan olahraga, terutama yang ada di sekolah. Namun, tidak semua instansi menjadikan basket sebagai olahraga yang prioritas.

Hal ini karena kurangnya perhatian sehingga membuat pelajar tidak terlalu paham. Bahkan, malah tidak melirik basket sebagai olahraga ekstrakurikuler di sekolah. Hal ini juga membuat pemain lokal terkadang belum terlalu fasih dengan berbagai teknik olahraga ini.

Hal lain yang menjadi kenapa basket kurang populer di Indonesia karena kurangnya promosi ke sekolah-sekolah. Padahal ini dapat mendongkrak dan membuat siswa-siswa memenuhi GOR atau arena sepulang sekolah.

2. Kurang Fasilitas

Apabila ingin sebuah olahraga maju tentunya harus didukung oleh sarana dan prasarana yang sudah memadai. Namun, untuk basket memiliki banyak fasilitas di beberapa tempat dinilai kurang layak untuk digunakan.

Umumnya, untuk sebuah pertandingan resmi, basket memang membutuhkan arena yang berada di dalam ruangan. Tentunya, hal tersebut harus didukung dengan berbagai sarana dan prasarana yang harus membuat pemain dan penonton merasa nyaman.

Namun, saat ini fasilitas basket di kota-kota besar dapat dibilang cukup memadai. Bahkan, beberapa gelanggang olahraga (GOR) multifungsi dan lapangan outdoor dibangun pemerintah untuk menunjang kegiatan para pecinta olahraga ini.

3. Kurang Merakyat

Tidak dapat dipungkiri bahwa basket di Indonesia memang kalah pamor dibandingkan sepakbola dan bulutangkis. Kedua olahraga ini memang seakan sudah melekat dan mengakar di berbagai kalangan masyarakat.

Selain hal ini basket juga terkadang dianalogikan sebagai olahraga orang yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata orang Indonesia. Hal ini juga yang membuat pebasket Tanah Air jarang berkarier di luar negeri.

Dengan minimnya pebasket Indonesia yang go internasional akan membuat masyarakat biasa (bukan pencinta basket). Jadi seakan tidak mengikuti perkembangan olahraga ini.

Hal ini sudah dibuktikan dengan bermunculan pemain baru atau rookie di setiap klub basket Tanah Air yang menjelang bergulirnya kompetisi. Timnas basket Indonesia juga tidak dapat dianggap sebelah mata.

Bahkan, berbagai prestasi juga sudah diukir seperti medali emas di ajang Asean University Games 2016 maupun perak di SEA Games 2015 lalu. Inilab yang menjadi alasan kenapa basket kurang populer di Indonesia.

Tinggalkan komentar