Close

Alasan Kenapa Korupsi di Indonesia Sulit Diberantas

Hingga saat ini permasalahan korupsi selalu berulang dan berulah lagi. Bahkan, ada banyak alasan kenapa korupsi di Indonesia sulit diberantas dan selalu menjadi menarik perbincangan masyarakat.

Bahkan, sudah menjadi rumus dan kajian di dalam ilmu politik. Apalagi dinyatakan jika  kekuasaan yang tidak terbatas cenderung melakukan korupsi.

Alasan Kenapa Korupsi di Indonesia Sulit Diberantas

1. Bagian Romantika Kekuasaan

Masyarakat semakin meyakini korupsi menjadi bagian dari romantika kekuasaan sejak lama di Indonesia. Korupsi terjadi berhubungan dengan penyalahgunaan uang rakyat yang melibatkan pejabat.

Sama seperti keberadaan dari lembaga anti korupsi tidak bisa memberhentikan praktik tercela ini. Bahkan, peraturan perundang-undangan menjadi bagian dari politik hukum yang telah dibuat oleh pemerintah diabaikan dan menjadi meaningless.

2. Kurang Penegakkan Hukum

Apabila tindakan penegakan hukum tegas bisa menjadi jalan keluar untuk pemberantasan korupsi di Indonesia. Namun, asas yang utama dalam hukum yaitu reward and punishment dengan orang yang menaati hukum harus dihargai.

Hal inilah yang menjadi sebab mengapa korupsi masih berulang terjadi di Indonesia.

3. Hukum Lemah

Ketika hukum menjadi lemah maka terciptalah pemikiran oknum pelaku untuk melakukan tindak korupsi. Hal ini tidak adanya efek jera ataupun takut akan hukum.

Bahkan, penggunaan kekuasaan yang mengintervensi proses pengadilan malah membuat para koruptor semakin leluasa melakukan korupsi. Ini juga menjadi sebuah realitas kasus, secanggih apapun sistem pasti ada KKN.

Ini yang menjadi alasan kenapa korupsi di Indonesia sulit diberantas, karena bila ditinjau dari sisi historisnya para penjajah dan pendahulu sudah mengajarkan perilaku koruptif. Terlihat dari sistem Birokrasi yang lambat dan berbelit-belit menciptakan celah bagi para oknum.

Hal ini malah meraup keuntungan dengan meminta imbalan kepada masyarakat dalam upaya mempercepat urusan. Sehingga yang terjadi para pelaku korupsi justru membuat sistem untuk membasmi, memahami, serta mensiasati dan cari celah.

Apalagi saat harus memahami untuk “out the box” dan  “No Box”. Ini yang menjadi salah satu alasan kenapa korupsi di Indonesia sulit diberantas. Jadi yang perlu dilakukan untuk memberantas korupsi dengan cara mematuhi peraturan yang berlaku.

Tinggalkan komentar