Close

Kenapa Islam Mudah Diterima Di Indonesia? 

Islam adalah agama urutan kedua terbesar di dunia. Apalagi di Indonesia, Islam ialah agama yang paling cepat berkembang. Bahkan, mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam. Meskipun, Islam bukan agama pertama yang masuk ke Indonesia. Menurut kalian, kenapa Islam mudah diterima di Indonesia?

Faktor-Faktor Kenapa Indonesia Mudah Menerima Islam

1. Penyebaran Islam Secara Baik dan Damai

Para ulama menyebarkan agama Islam secara baik dan damai dan para ulama tidak memaksakan masyarakat untuk masuk Islam dan tidak melakukan kekerasan. Faktanya, Para ulama tersebut memiliki strategi dakwah islam di Indonesia yang dapat membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk memeluk agama Islam.

Terdapat beberapa strategi dakwah islam di Indonesia, yaitu pendidikan, perdagangan, kesenian dan pernikahan. Karena penyebarannya yang secara damai dan tanpa paksaan, hati masyarakat pun tergerak untuk memeluk agama Islam.

2. Syarat Masuk Islam Sangat Mudah

Selain penyebarannya yang penuh kedamaian, kenapa Islam mudah diterima di Indonesia yaitu karena kemudahan untuk masuk Islam. Syarat masuk Islam sangat mudah, karena itu, tidak perlu melakukan upacara-upacara. Cukup dengan menyebutkan dua kalimat Syahadat. Ketika seseorang telah bersyahadat, maka ia telah masuk Islam dan menjadi muslim.

3. Ibadah yang Sederhana

Selain penuh kedamaian pada penyebaran dan persyaratan yang mudah, faktanya pelaksanaan ibadah di agama Islam pun sederhana. Para muslim dan muslimah bisa beribadah di rumah, di masjid dan di mushalla. Apalagi, Islam tidak menyulitkan kaum kaumnya untuk beribadah. Sehingga, hal tersebut dapat membuat Rakyat Indonesia sangat mudah menerima agama Islam.

4. Adanya Pengaruh Budaya Agama Lain

Adanya pengaruh budaya agama lain ialah termasuk faktor perkembangan islam di Indonesia. Sebelum agama Islam masuk ke Indonesia, mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Hindu.

Hal itu berkaitan dengan dibawanya agama Islam oleh orang India yang membawa pengaruh ajaran agama Hindu. Sehingga, rakyat Indonesia tidak asing dengan ajaran agama Islam itu sendiri. Yup, begitulah alasan kenapa Indonesia mudah menerima Islam?

Tinggalkan komentar