Close

Kenapa Bendera Malaysia Mirip Amerika?

Bendera memang dikenal sebagai identitas negara. Lantas, kenapa bendera Malaysia mirip Amerika? Jadi sebetulnya, ada beberapa alasan kenapa bendera beberapa negara di dunia bisa mirip satu sama lain.

Alasan pertama karena terdapat pengaruh kuat sebuah negara terhadap negara lainnya. Contohnya saja seperti, negara-negara di Afrika memiliki bendera yang warnanya cenderung sama, yaitu merah, hijau, dan kuning.

Alasan Kenapa bendera Malaysia mirip Amerika

1. Memiliki Inspirasi Unsur Warna

Bendera sendiri memiliki unsur warna kayak yang terinspirasi dari bendera Ethiopia dan memiliki pengaruh besar di benua tersebut. Contohnya seperti yang terjadi di negara-negara Eropa.

Sebagian besar negara Eropa benderanya punya corak tiga warna, baik secara vertikal maupun horizontal.

Sementara itu, tiga warna ini diambil dari bendera Perancis yang memiliki dampak besar terhadap sistem pemerintahan di seluruh Eropa. Namun, alasan ini tentunya tidak berlaku bagi bendera Malaysia dan Amerika. Hal ini karena benuanya saja beda jauh.

2. Negara yang Menjajah Sama

Jadi, kenapa bendera Malaysia mirip Amerika? Ternyata sebenarnya masih ada hubungannya sama alasan yang kedua, yakni terjadinya penjajahan.

Umumnya, negara yang dijajah memiliki bendera mirip dengan negara penjajah. Dalam hal tersebut, Malaysia dan Amerika sama-sama telah dijajah oleh Inggris.

Jika diusut ke belakang, bendera Amerika telah mengalami beberapa perubahan desain. Yang pertama dapat dilihat dari bendera dengan coraknya.

Bendera yang pertama kali dibuat Amerika Serikat ternyata mirip sama bendera Hindia Timur Britania. Bedanya hanya pada arah atau rasio Union Jack yang ada di sebelah kiri atas.

Sementara itu, ada tiga belas ulir yang ada di bendera itu melambangkan tiga belas koloni yang protes. Selanjutnya, Amerika yang pada saat itu masih merupakan Tiga Belas Koloni dari Kerajaan Britania Raya menyatakan kemerdekaannya.

Sementara itu, tiga tahun setelahnya, bendera Amerika telah dimodifikasi dengan mengganti Union Jack dengan bintang.

Meski sama-sama dijajah oleh Inggris, bendera Malaysia dan Amerika memang memiliki desain yang mirip. Namun, perbedaannya terletak dari jumlah ulir atau garisnya. Dimana bendera Malaysia terdapat 14 garis sebagai lambang 14 negeri dan wilayah federal yang dimiliki Malaysia.

Sementara itu, lambang Union Jack diubah menjadi gambar bulan dan bintang. Jika dilihat dari jumlah sudut pada gambar bintang juga melambangkan negeri 14 negeri dan wilayah federal Malaysia.

Jadi pada intinya, alasan kenapa bendera Malaysia mirip Amerika memang bukan suatu kebetulan, melainkan karena keduanya termasuk jajahan Inggris. Selain bendera Malaysia-Amerika dan Indonesia-Maroko, masih banyak negara yang memiliki bendera dengan desain serupa.

Tinggalkan komentar