Close

Alasan Kenapa Bendera Singapura Mirip Indonesia

Kenapa bendera Singapura mirip Indonesia? Seperti yang telah diketahui bahwa bendera Singapura memang mirip dengan bendera Indonesia.

Hal ini karena ada dua garis horizontal di bagian atas warnanya merah dan di bagian bawah warnanya putih. Disisi lain, bendera resmi Singapura pada bagian merah terdapat bulan sabit dengan warna putih yang dikelilingi oleh adanya lima bintang dengan susunan pentagon.

Alasan Kenapa Bendera Singapura Mirip Indonesia

1. Sejarah Adanya Bendera

Warna merah yang terdapat pada bendera lambang negara Singapura sebagai peringatan, dimana menunjukkan adanya rasa persatuan untuk semua penduduk. Sementara itu, warna putih yang digunakan pada bendera tersebut melambangkan rasa kemurnian dan kebajikan.

Di sisi lain, ada bulan sabit yang digunakan dalam mengelola rasa kemudahan di negara Singapura menjadi negara maju. Kelima bintang yang terdapat pada bendera, sudah tersusun dengan bentuk pentagon yang memberikan perwakilan cita-cita.

Bahkan, sudah diasosiasikan bahwa Singapura sebagai negara demokratis. Dengan begitu, kelima bintang berarti menyatakan menarik perhatian, demokrasi, kemajuan, perdamaian dan keadilan.

2. Pengenalan Bendera Negara Singapura

Kenapa bendera Singapura mirip Indonesia? Bendera merah putih yang dijadikan sebagai lambang negara Singapura berbentuk bulan sabit dan bintang. Bendera ini pertama kalinya diperkenalkan pada dunia tanggal 3 Desember 1959.

Saat itu ketika pelantikan Yang di-Pertuan Negara pertama yaitu Encik Yusof Ishak. Ide ini sebenarnya telah diciptakan oleh komite dengan ketua Wakil Perdana Menteri, yaitu Dr. Toh Chin Chye. Adanya bendera yang baru ini menggantikan bendera Union Jack yang telah berkibar lama di Singapura hingga 140 tahun, yaitu tahun 1819 hingga 1959.

3. Kemiripan Bendera Negara Singapura dan Indonesia

Bendera Singapura memang mirip sekali dengan bendera negara Indonesia. Dimana Singapura telah menggunakannya sejak negara tersebut merdeka dari Malaysia 9 Agustus 1965.

Warna bendera yang mirip dengan negara ini mempunyai perbedaan yang mudah dikenali, yaitu bulan sabit dan lima bintang dengan susuan bundar. Walaupun warnanya sama, namun setiap bendera negara mempunyai ciri khas dan perbedaannya masing-masing.

Salah satunya warna merah sebagai lambang persaudaraan, kecocokan semua manusia serta putih kesucian. Sedangkan arti dari bulan sabit adalah muda sedang maju dan lima bintang sebagai prinsip yang harus dipegang teguh oleh negara Singapura.

Jadi Kenapa bendera Singapura mirip Indonesia , sebenarnya Singapura memiliki lambang negara dengan warna merah putih dan ada bulan sabit serta 5 bintang. Jadi setiap elemen yang ada pada bendera menyimpan makna tersendiri bagi rakyat Singapura.

Baca juga konten terkait diĀ Tanjung Pinang Pos

  1. Kenapa Singapura Tidak Masuk G20
  2. Mengapa Wayang Kulit Ada di Malaysia
  3. Apakah Bendera Malaysia Mirip Amerika
  4. Alasan Malaysia disebut Negeri Jiran

Tinggalkan komentar